Selasa 06 Jul 2021 10:43 WIB

Cara Bedakan Sinusitis dengan Covid-19

Gejala unik Covid-19 yang jarang muncul selama sinusitis di antaranya mual dan diare.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara membedakan infeksi sinus (sinusitis) dan Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Cara membedakan infeksi sinus (sinusitis) dan Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gejala seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau demam dapat membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda menderita infeksi sinus (sinusitis) atau Covid-19. Lantas, bagaimana cara membedakannya?

Dilansir di laman Healthline, Selasa (6/7), sinus adalah kantong berisi udara yang terletak di belakang wajah Anda. Ketika cairan menumpuk di sinus, virus dan bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi sinus. Sedangkan Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2. Tingkat virus bisa tinggi di daerah hidung dan sinus. 

Beberapa gejala Covid-19 juga tumpang tindih dengan gejala sinusitis. Sinusitis dan Covid-19 dapat memiliki banyak gejala yang sama, termasuk hidung meler atau tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, demam dan kelelahan.

Beberapa gejala sinusitis yang berbeda dengan Covid-19 antara lain nyeri atau tekanan sinus yang terasa di sekitar pipi bagian atas, dahi, atau bagian dalam mata tetesan postnasal, sakit gigi, bau mulut, indra penciuman berkurang serta drainase hidung berwarna berbeda.

Nyeri atau tekanan sinus dan postnasal drip adalah indikator yang baik dari sinusitis. Gejala-gejala ini biasanya terjadi bersamaan dengan gejala sinusitis umum lainnya, seperti pilek atau hidung tersumbat.

Gejala unik Covid-19 yang jarang muncul selama infeksi sinus meliputi sesak napas, sakit dan nyeri tubuh, gejala pencernaan seperti mual, muntah, dan diare. Selain itu Anda juga kehilangan bau dan rasa.

Penurunan indra penciuman bisa terjadi lebih 60 persen selama sinusitis. Pada Covid-19, kehilangan indra penciuman dan pengecap hampir lengkap dan juga dapat terjadi bahkan tanpa hidung meler atau tersumbat.

Penelitian menemukan, hilangnya penciuman dan rasa karena Covid-19 berlangsung rata-rata sekitar sembilan hari. Kebanyakan orang mendapatkan kembali indra penciuman dan rasa mereka dalam 28 hari.

Cara lain membedakan sinusitis dan Covid-19 adalah saat gejala pertama kali muncul. Gejala sinusitis sering kali datang secara tiba-tiba. Gejala Covid-19 dapat berkembang lebih bertahap sampai 14 hari setelah terpapar SARS-CoV-2.

Sinusitis sering dapat terjadi setelah Anda menderita penyakit virus yang umum, seperti pilek atau flu. Jika gejala Anda berkembang setelah Anda sakit, Anda mungkin mengalami infeksi sinus.

Virus yang menyebabkan pilek atau flu cenderung banyak terjadi pada musim gugur dan musim dingin. Sementara Covid-19 dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun.

Infeksi sinus juga dapat terjadi setelah terpapar alergen atau iritan, seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan asap rokok. Jika Anda memiliki alergi atau baru-baru ini berada di sekitar iritasi, Anda mungkin berisiko terkena infeksi sinus.

Biasanya, sinusitis akan sembuh dalam waktu dua hingga tiga pekan. Covid-19 berlangsung selama sekitar satu atau dua pekan tergantung pada tingkat keparahannya dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Beberapa gejala seperti batuk dan kehilangan penciuman atau perasa mungkin bertahan sementara setelah Covid-19. Beberapa orang mungkin mengalami Covid-19 jarak jauh, sekelompok gejala yang bertahan selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah infeksi.

Sebagian besar infeksi sinus hilang dengan sendirinya tanpa gejala atau komplikasi yang parah. Jika infeksi sinus disebabkan bakteri, Anda mungkin memerlukan antibiotik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement