Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Pakar: Batasi Konsumsi Informasi Negatif, Ini Alasannya

Senin 05 Jul 2021 22:58 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Akses informasi-informasi negatif bisa berkibat pada munculnya stres. Stres (ilustrasi)

Akses informasi-informasi negatif bisa berkibat pada munculnya stres. Stres (ilustrasi)

Foto: Boldsky
Akses informasi-informasi negatif bisa berkibat pada munculnya stres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— masyarakat hendaknya menghindari mengakses informasi negatif selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menghindari stres yang dapat menurunkan imunitas tubuh. 

"Bukan tidak boleh kita mengetahui data, tetapi bukan untuk menjadi kita takut dan menjadi over protektif," kata psikolog Intan Erlita, MPsi dalam IG Live Talkshow series Hometown Dairy, dikutip Senin (5/7).   

Baca Juga

Intan yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini merangkum beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga pikiran dan meningkatkan kesehatan, salah satunya adalah berdoa.

"Meskipun ikhtiar kita sudah maksimal, tetapi kedekatan kita kepada Tuhan Yang Mahapencipta ini juga membuat kita lebih tenang," kata dia.

Dia menjelaskan, masyarakat harus lebih jeli dalam mengonsumsi informasi dan tidak terjebak narasi hoaks.

"Menyaring berita apa yang masuk kepada diri kita baik melalui media sosial, berita TV, maupun WA Group yang ada," kata Erlita.

Kemudian, manfaatkan waktu bersama untuk merencanakan hal-hal seru yang dilakukan bersama keluarga di rumah. 

"Kita sebutnya adalah tim. Duduk bareng suami dan anak-anak, kira-kira di masa di rumah saja ini kita mau melakukan apa saja yang seru bersama, " katanya.

Dia mengatakan mencari hobi yang bisa melibatkan bersama-sama keluarga di rumah. Hal lain yang sebaiknya dilakukan selama di rumah adalah menjaga interaksi antara anak dan orang tua, serta menjaga cakupan gizi dan nutrisi keluarga. "Karena bagaimanapun Anak-anak membutuhkan interaksinya dengan orang tua," kata dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA