Senin 05 Jul 2021 22:17 WIB

Peran Besar Sergio Busquets di Spanyol pada Euro 2020

Sejak Sergio Busquets bermain, Spanyol selalu menang di Euro 2020.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Kapten Spanyol Sergio Busquets.
Foto: Kirill Kudryavtsev, Pool via AP
Kapten Spanyol Sergio Busquets.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Kehadiran Sergio Busquet di skuad timnas Spanyol dinilai sangat berpengaruh besar pada Euro 2020. Keputusan pelatih Luis Enrique untuk membawa sekaligus menjadikan Busquet seorang kapten bahkan mendapat respons positif dari para fan La Roja.

Kiprah Sergio Busquets di Piala Eropa 2020 tidak dimulai seperti yang dia inginkan. Pasalnya, ia dinyatakan positif Covid-19 sesaat sebelum kejuaraan berlangsung. Busquets pun harus diisolasi selama 10 hari.

Baca Juga

Hal itu membuat Busquets melewatkan dua pertandingan pertama La Roja, dengan hasil imbang melawan Swedia dan Polandia pada fase Grup E. Selepas masa isolasi gelandang milik Barcelona langsung tampil moncer dengan mengantarkan kemenangan 5-0 atas Slovakia. Busquets menyabet gelar pemain terbaik dalam dua laga, versus Slovakia dan timnas Kroasia, di babak 16 besar.

Meski gagal mengeksekusi penalti pertama dalam adu penalti kontra Swiss pada partai perempat final, Busquets tetap jadi kunci bagi Spanyol untuk melaju ke semifinal.

Enrique pun senang ketika Spanyol memenangkan adu penalti dan memuji sikap serta kebersamaan dalam tim. "Saya jarang melihat suasana seperti yang kami miliki di grup kami," kata Enrique menjelaskan, dikutip Marca, Senin (5/7).

Saat kembali dari isolasi diri akibat Covid-19, Busquets mendapat tepuk tangan meriah dari rekan-rekan setimnya. Ia menitikkan air mata saat berbicara tentang betapa istimewanya skuad Matador setelah kemenangan atas Slovakia.

Sebagai kapten timnas Spanyol, Busquets menulis babak baru dalam kisah kariernya di La Roja. Sudah menjadi pemenang Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 bersama tim nasional, ini adalah turnamen pertamanya mengenakan ban kapten.

Ramos adalah kapten pada perhelatan Euro 2016 dan Piala Dunia 2018, ketika Spanyol tersingkir di babak 16 besar pada kedua kesempatan tersebut. Busquets sudah dua putaran lebih baik, meskipun ia kini dihadapkan dengan laga sulit kontra timnas Italia pada semifinal nanti.

Sebelas tahun setelah Vicente del Bosque mengatakan ingin menjadi sosok seperti Busquets jika dia bermain sepak bola lagi, sekarang Luis Enrique sepenuhnya mempercayai gelandang Barcelona itu untuk mengemban tugas sebagai kapten dan jenderal lapangan tengah.

Meski belum memastikan menjuarai titel Euro 2020, perjalanan Busquets bersama timnas Spanyol kali ini setidaknya cukup indah untuk pesepak bola berusia 32 tahun tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement