Senin 05 Jul 2021 17:32 WIB

MUI Usulkan Daging Kurban Diolah Sebelum Didistribusikan

Daging kurban diolah agar pendistribusiannya bisa lebih luas.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Kegiatan pembagian daging kurban
Foto: Istimewa
Kegiatan pembagian daging kurban

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebentar lagi umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha. Untuk lebih memaksimalkan manfaat daging kurban, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengusulkan agar mengolah daging kurban sehingga pendistribusiannya bisa lebih luas.

Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan, mengatakan, ibadah penyembelihan hewan kurban adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah muakkadah. Perhatian umat Islam terhadap ibadah kurban sangat besar, khususnya di masyarakat perkotaan dan masyarakat yang secara ekonomi di atas kecukupan.

"Sehingga (daging kurban) perlu pendistribusian ke daerah lain atau masyarakat yang lebih membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19," kata Buya Amirsyah kepada Republika, Senin (5/7).

Ia menyampaikan, dalam rangka pendistribusian daging kurban ke daerah yang jauh, maka perlu proses pengolahan dan pengawetan daging kurban. Supaya daging kurban tidak rusak sehingga dapat sampai kepada sasarannya.

Sebelumnya, MUI mengeluarkan Tausiyah MUI tentang Pelaksanaan Ibadah, Sholat Idul Adha, dan Penyelenggaraan Qurban Saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Tausiyah tersebut menyampaikan, sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 tentang Hukum Pengawetan dan Pendistribusian Daging Qurban Dalam Bentuk Olahan, pemerintah juga dapat mengoptimalkan manfaat daging qurban untuk kemaslahatan umat yang terdampak Covid-19 dengan memfasilitasi pengolahan seperti dikalengkan dan diolah dalam bentuk kornet, rendang, atau sejenisnya serta didistribusikan ke daerah di luar lokasi penyembelihan.

Ketentuan hukum dalam Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 ini mengatur, pada prinsipnya, daging hewan kurban disunnahkan untuk didistribusikan segera (ala al-faur) setelah disembelih agar manfaat dan tujuan penyembelihan hewan kurban dapat terealisasi yaitu kebahagian bersama dengan menikmati daging kurban. Daging kurban dibagikan dalam bentuk daging mentah, berbeda dengan aqiqah. Daging kurban didistribusikan untuk memenuhi hajat orang yang membutuhkan di daerah terdekat.

Menyimpan sebagian daging kurban yang telah diolah dan diawetkan dalam waktu tertentu untuk pemanfaatan dan pendistribusian kepada yang lebih membutuhkan adalah mubah (boleh). Syarat tidak ada kebutuhan mendesak.

Atas dasar pertimbangan kemaslahatan, daging kurban boleh untuk didistribusikan secara tunda (ala al-tarakhi) untuk lebih memperluas nilai maslahat. Boleh dikelola dengan cara diolah dan diawetkan, seperti dikalengkan dan diolah dalam bentuk kornet, rendang atau sejenisnya. Boleh didistribusikan ke daerah di luar lokasi penyembelihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement