Senin 05 Jul 2021 14:25 WIB

Bintang NBA Luka Doncic Pimpin Slovenia ke Olimpiade Tokyo

Slovenia merebut tiket mereka ke Tokyo

Luka Doncic
Foto: EPA-EFE
Luka Doncic

REPUBLIKA.CO.ID, KAUNAS — Bintang NBA Luka Doncic mencetak triple-double untuk memimpin tim Slovenia menang atas Lithuania 96-85 pada Ahad (4/7) dan lolos ke Olimpiade pertama mereka.

Slovenia merebut tiket mereka ke Tokyo dengan kemenangan pada turnamen kualifikasi Olimpiade FIBA ​​di Kaunas, Lithuania.

Doncic yang berusia 22 tahun itu mencetak 15 dari 31 poinnya pada kuarter kedua dan menambahkan 11 rebound serta 13 assist untuk memimpin Slovenia.

Sementara Lithuania, dipimpin oleh pemain NBA Domantas Sabonis dan Jonas Valanciunas, dua kali bangkit dari defisit dua digit angka.

Namun Slovenia sempat memimpin laga dengan skor 14-0 yang menjembatani kuarter ketiga dan keempat, sehingga Lithuania akan kehilangan tiket Olimpiade mereka untuk pertama kalinya.

"Kami bekerja keras untuk ini (menuju Olimpiade),” kata bintang Dallas Mavericks Luka Doncic yang dinobatkan sebagai Most Valuable Player di NBA, Senin (5/7).

"Saya tidak peduli dengan MVP. Kami menang di sini, kami akan pergi ke Olimpiade, ini pertama kalinya bagi negara kami.

“Rasanya luar biasa. Saya pikir setiap anak di Slovenia bermimpi berada di Olimpiade, saya juga begitu,” tambahnya.

Turnamen di Kaunas itu merupakan salah satu dari empat laga kualifikasi bola basket putra yang berakhir pada Minggu (4/7).

Di Split, Kroasia, Jerman meredamkan perlawanan Brazil untuk merebut tiket Olimpiade pertama mereka sejak 2008.

Brazil melaju ke final dengan mengalahkan tiga lawan pertama mereka dengan 26, 27 dan 28 poin. Tapi Jerman mendapatkan tiket mereka ke Tokyo melalui kemenangan 75-64.

Di Beograd, Italia mengalahkan peraih medali perak Olimpiade 2016 Serbia dengan skor 102-95 untuk mengamankan tempat di Tokyo.

Pada Ahad malam, Republik Ceko mendominasi Yunani 97-72 di Victoria, Kanada, untuk mengisi slot terakhir dalam turnamen bola basket putra Olimpiade Tokyo yang akan diikuti 12 negara.

Jepang masuk dalam slot tersebut sebagai tuan rumah, sementara tujuh tim lainnya, termasuk peraih medali emas Olimpiade 2016 Amerika Serikat, lolos melalui Piala Dunia 2019.

Daftar tim yang lolos ke Olimpiade Tokyo itu juga termasuk pemenang Piala Dunia dan peraih medali perunggu Rio Spanyol, Nigeria, Argentina, Iran, Prancis dan Australia yang menempati posisi keempat pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement