Senin 05 Jul 2021 11:13 WIB

Kisah Blair Parry-Okeden

Parry-Okeden memiliki kekayaan bersih 9,7 miliar dolar AS.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kisah Orang Terkaya: Blair Parry-Okeden, Wanita Kaya Raya yang Tak Menjabat Apapun di Perusahaan (Foto: Celebritycontactdatabase.com/Blair Parry-Okeden)
Kisah Orang Terkaya: Blair Parry-Okeden, Wanita Kaya Raya yang Tak Menjabat Apapun di Perusahaan (Foto: Celebritycontactdatabase.com/Blair Parry-Okeden)

Wanita terkaya di Australia, Blair Parry-Okeden adalah cucu dari pendiri raksasa media, Cox Enterprises. Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Parry-Okeden memiliki kekayaan bersih 9,7 miliar dolar AS (Rp 140 triliun).

Blair Parry-Okeden lahir di Honolulu, Hawaii pada 1952. Parry-Okeden sekolah di La Pietra: Hawaii School for Girls, yang didirikan oleh ibunya, Barbara Cox Anthony. Dia juga dilatih untuk menjadi seorang guru.

Parry-Okeden adalah cucu  James M Cox, pendiri awal Cox Enterprises. Perusahaan ini didirikan di Dayton, Ohio oleh kakek Parry-Okeden yang membeli Dayton Daily News pada tahun 1898.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Jim Kennedy, Konglomerat Media Amerika Berharta Rp139 Triliun

Setelah kematian ibunya pada 2007, Blair Parry-Okeden mewarisi 25 persen saham perusahaan. Saat ini, saudara laki-lakinya Jim Kennedy menjabat sebagai Ketua Dewan perusahaan yang bernilai 15 miliar dolar AS (Rp 217 triliun). Bibinya, Anne Cox Chambers, adalah pemegang saham terbesar dan duduk di dewan. 

Cox Communications beserta anak perusahaannya, 98 persen dimiliki pewaris Cox, termasuk Blair, saudara laki-lakinya Jim dan Ann Cox Chambers. Perusahaan ini sebenarnya terdiri dari Cox Media Group (stasiun TV dan radio, surat kabar), AutoTrader.com, Manheim (pelelangan mobil) dan Cox Communications.

Parry-Okeden diketahui tidak aktif dalam bisnis keluarga. Dia juga mempertahankan profil yang hampir anonim (saking tertutupnya) di Australia. Namun, beredar kabar kini dia adalah seorang peternak sapi Australia. Meski demikian, menurut Forbes Asia, Parry-Okeden adalah orang terkaya di Australia pada tahun 2016.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement