Senin 05 Jul 2021 09:41 WIB

Para Wanita Saleh yang Diabadikan dalam Alquran

Mereka adalah wanita saleh yang mengabdikan hidup mereka kepada Allah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Para Wanita Saleh yang Diabadikan dalam Alquran. Ilustrasi Muslimah
Foto: Mgrol120
Para Wanita Saleh yang Diabadikan dalam Alquran. Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam adalah agama yang begitu memuliakan wanita. Bahkan tak tanggung-tanggung, tak sedikit kisah dan nama perempuan mulia yang diabadikan oleh Allah di dalam Alquran.

Dilansir di Learn Religions, terdapat sejumlah wanita yang diabadikan kisahnya dan teladannya juga menginspirasi para Muslimah. Sekitar 24 wanita saleh lainnya dibahas dalam Alquran.

Baca Juga

Mereka adalah wanita saleh yang mengabdikan hidup mereka kepada Allah. Alih-alih menyebut wanita dengan nama depan mereka, Alquran menyebut mereka berdasarkan referensi keluarga mereka, sebuah tradisi Arab pada saat itu.

Berikut beberapa di antaranya. 

Maryam atau Maria ibunda Nabi Isa (Yesus)

Nama Maryam secara langsung disebutkan namanya dalam Alquran. Dia adalah satu-satunya wanita yang disebutkan namanya dalam Alquran. Kisahnya diceritakan dalam banyak ayat yang berbeda dan ayat ke-19 dari Alquran juga dinamai menurut namanya.

Maryam berdiri untuk virtuositas dan kemurnian dan memegang posisi terhormat dalam Alquran, seorang wanita di atas wanita di semua dunia. Maryam masih dihormati oleh banyak wanita Muslim di dunia Islam hingga kini.

photo
Ciri Perempuan yang Disebutkan dalam Alquran - (Indonesian Conference on Religion and Peace )

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement