Senin 05 Jul 2021 04:05 WIB

Pesawat Tempur Rusia Latihan Membom Musuh di Laut Hitam

Rusia mengatakan kapal Inggris masuk ke perairan milik mereka secara ilegal

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Pesawat tempur Angkatan Udara Rusia, Sukhoi Su-24.
Foto: Guns.com
Pesawat tempur Angkatan Udara Rusia, Sukhoi Su-24.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia mengatakan pesawat tempur mereka latihan membom kapal musuh di Laut Hitam. Latihan itu dilaksanakan saat Rusia dengan berselisih negara-negara Barat karena NATO menggelar latihan militer di daerah tersebut usai kapal Angkatan Laut Inggris masuk ke perairan Laut Hitam.

Pekan lalu Moskow mengatakan kapal destroyer Inggris HMS Defender tidak memiliki hak berlayar dekat Semenanjung Krimea. London mengatakan mereka memiliki hak untuk berlayar di perairan tersebut.

Baca Juga

Rusia menganeksasi Krimea dari Ukraina pada 2014. Tapi sebagian besar negara di dunia masih mengakui semenanjung itu sebagai milik Ukraina.

Rusia mengatakan kapal Inggris masuk ke perairan milik mereka secara ilegal dan menuduh London melakukan 'provokasi'. Moskow mengatakan mereka dapat membom kapal Angkatan Laut Inggris bila kapal tersebut bergerak lebih jauh di Krimea.

Pada Sabtu (3/7), Armada Rusia di Laut Hitam mengatakan pesawat tempur dari unit aviasi dan komando militer distrik bagian selatan menggelar latihan. "Awak pesawat menggelar latihan terbang di atas Laut Hitam," kata armada tersebut.

"Mereka latihan rudal dan serangan bom terhadap kapal-kapal simulasi musuh," tambah Armada itu seperti dikutip kantor berita RIA.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement