Ahad 04 Jul 2021 16:53 WIB

Dapur Umum Didirikan dan Beri Sembako untuk Warga Isoman

Bantuan diolah langsung melalui dapur umum dan didistribusikan ke warga jalani isoman

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) memasak makanan di dapur umum gedung Tagana, Depok, Jawa Barat
Foto: ASPRILLA DWI ADHA/ANTARA FOTO
Petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) memasak makanan di dapur umum gedung Tagana, Depok, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Warga dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini secara bersama-sama peduli dan saling membantu mengatasi penyebaran virus Corona (Covid-19). Kepedulian tersebut diwujudkan dengan mendirikan dapur umum dan memberi kebutuhan sembako bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kecamatan Cimanggis, Kota Depok memberikan bantuan sembako untuk warga terpapar Covid-19 yang menjalani isoman di rumah. Bantuan diserahkan melalui dapur umum yang telah didirikan di sejumlah warga di Kecamatan Cimanggis.

"Bantuan sembako kami berikan ke dapur umum di Kelurahan Harjamukti beberapa waktu lalu," ujar Camat Cimanggis, Abdul Rahman, Sabtu (3/7).

Menurut Rahman, bantuan tersebut diolah langsung melalui dapur umum. Kemudian, didistribusikan ke masyarakat yang menjalani isoman. "Kami juga memberikan bantuan penyemprotan disinfektan di beberapa RW. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam menekan penyebaran Covid-19. Kami lakukan penyemprotan di wilayah yang terdapat kasus Covid-19 agar dapat mencegah penyebaran virusnya," jelasnya.

Ia berharap, kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat berada di luar rumah. "Taati prokes, memakai masker, rutin mencucui tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," harapnya.

Sedangkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok mengelar program bantuan untuk warga yang sedang menjalankan isoman di rumah. Program ini diberikan sebagai bantuan kemanusiaan, baik bagi umat muslim maupun non muslim yang sedang menjalani karantina mandiri.

Wakil Ketua II Baznas Kota Depok, Abdul Ghofar mengatakan, program bantuan isoman tahap awal, telah terdistribusi ratusan paket sembako untuk warga isoman. Bantuan ini akan terus ditingkatkan seiring dengan dukungan muzaki dan donatur yang memberikan kepercayaan kepada Baznas Kota Depok untuk menyalurkan bantuannya.

"Program ini memberikan bantuan berupa beras 10 kg, minyak goreng 4 liter, telur omega 3 paket, susu bear brand, 1 kg jeruk lemon, dan madu.  Per paket bantuan senilai Rp 500 ribu," terang Ghofar.

Menurut Ghofar, bantuan telah diantar ke rumah-rumah pasien Covid-19 yang sedang melakukan isoman. Termasuk, di Wisma Makara Universitas Indonesia (UI). "Kami sudah salurkan bantuan isoman dari Baznas Kota Depok melalui Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ke Wisma Makara UI," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement