Ahad 04 Jul 2021 12:09 WIB

Kenali Tanda-Tanda Varian Baru Covid-19

Sakit kepala berada di urutan paling atas dalam survei gejala varian baru Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Gejala varian baru Covid-19.
Foto: republika
Gejala varian baru Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat semakin waswas dengan adanya varian Covid-19 baru yang disebut lebih mudah menular. Penting untuk mengetahui gejala yang mungkin terjadi akibat varian baru itu, karena berpotensi memiliki beberapa ciri berbeda seperti berikut, seperti dilansir di laman Eat This Not That!, Ahad (4/7):

1. Flu parah

Survei Gejala Covid-19 di Inggris menunjukkan gejala dari varian baru mirip dengan flu yang parah. Meski tingkat infeksi Covid-19 terpantau tinggi, pasien yang sudah divaksinasi akan lebih terlindungi karena angka rawat inap dan tingkat kematian akibatnya cenderung rendah.

2. Sakit kepala

Gejala ini berada di urutan teratas dalam survei gejala. Peneliti memprediksi, penyebabnya kemungkinan adalah peradangan akibat infeksi virus serta masalah neurologis. Sebagian pasien bahkan mengalaminya selama berbulan-bulan, yang dikenal dengan sindrom pasca-Covid.

3. Sakit tenggorokan

Tenggorokan yang terasa gatal serta batuk kering telah ditetapkan menjadi gejala Covid-19 sejak awal pandemi. Akan tetapi, sakit tenggorokan muncul sebagai gejala paling umum kedua dalam survei baru. Sebaiknya segera melakukan tes jika mengalami ini terus-menerus.

4. Hidung meler

Hidung meler bukan gejala umum Covid-19 sebelumnya, tapi sekarang dalam survei menjadi gejala paling umum di urutan ketiga. Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Universitas Arkansas, Robert Hopkins, mendapati sejumlah orang mengalami gejala tersebut.

5. Bersin 

Bersin muncul sebagai gejala umum pada pasien Covid-19 yang telah divaksinasi sebagian atau penuh. Sayangnya, banyak kasus terlewatkan dan penyebaran infeksi meningkat karena orang-orang tidak menyadari gejala ini sebagai kemungkinan Covid-19 sehingga tak segera melakukan tes.

6. Anosmia

Kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa atau anosmia adalah gejala khas Covid-19 bagi sebagian orang. Studi yang diterbitkan di Jama Network pekan ini mengungkap anosmia bisa berlangsung sangat lama pada beberapa orang, bahkan sampai satu tahun. 

7. Gejala klasik Covid-19

Deretan gejala klasik juga bisa jadi penanda terserang varian baru Covid-19. Beberapa di antaranya adalah demam, kedinginan, batuk, sesak napas, kelelahan, nyeri otot, mual, muntah, atau diare. Gejala dapat muncul dua sampai 14 hari setelah terpapar virus.

Apabila memiliki gejala-gejala yang sudah disebutkan, segeralah menjalani tes Covid-19 dan melakukan tindakan penanganan yang diperlukan. Itu sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement