Sabtu 03 Jul 2021 19:05 WIB

Stok Vaksin Dipastikan Cukup

Hingga saat ini, sebanyak 45 juta dosis vaksin sudah diberikan.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Muhammad Fakhruddin
Stok Vaksin Dipastikan Cukup (ilustrasi).
Foto: EPA/ADI WEDA
Stok Vaksin Dipastikan Cukup (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masyarakat diimbau menyukseskan gerakan percepatan vaksinasi Covid-19 untuk membentuk kekebalan bersama. Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menyampaikan stok vaksin aman hingga saat ini.

"Stok vaksin cukup, dan setiap minggunya terus berdatangan stok baru," katanya dalam konferensi pers, Sabtu (3/7).

Hingga saat ini, sebanyak 45 juta dosis vaksin sudah diberikan. Sebanyak 31,5 juta orang sudah terima dosis pertama dan sekitar 15 juta orang sudah di dosis kedua. Ia memastikan semua vaksin yang diberikan pada masyarakat sudah disetujui BPOM dan WHO.

Proses percepatan vaksinasi juga sudah dilakukan dengan mempermudah akses di beberapa tempat tanpa syarat domisili. Vaksinasi dinilai sudah terbukti menurunkan tingkat mematikan penyakit.

Pemerintah juga telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan terkait harga eceran tertinggi obat masa pandemi. Ini dapat memberikan kepastian harga obat yang dibutuhkan.

"Jangan bermain dengan nyawa orang lain, kesembuhan pasien harus didahulukan, jangan ambil keuntungan," katanya.

Ia menegaskan, para penyalur, distributor, dan penyedia obat harus ikuti aturan yang berlaku atau akan ditindak aparat hukum. Dan lebih parah, akan dimusuhi oleh masyarakat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement