Pertama Kali Inggris Tampil Tandang, Southgate: Tak Masalah

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar

Manajer Inggris Gareth Southgate bereaksi selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, 29 Juni 2021.
Manajer Inggris Gareth Southgate bereaksi selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, 29 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Sebelumnya, timnas Inggris selalu bermain di Wembley.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Beberapa jam lagi, berlangsung peremapfinal Piala Eropa 2020 antara Inggris vs Ukraina. Duel tersebut berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Ahad (4/7) dini hari WIB.

Sebelumnya, the Three Lions selalu bermain di Wembley. Sejak babak penyisihan hingga fase 16 besar.

Jadi ini pertama kalinya skuat polesan Gareth Southgate tampil di luar kandang. Sang arsitek merasa skuatnya akan tetap menunjukkan spirit seperti biasanya.

"Sepanjang musim lalu, para pemain kami terbiasa bermain tanpa penonton. Mereka harus menciptakan atmosfer mereka sendiri. Ada beberapa pemimpin di skuat kami, sehingga tidak terlalu menjadi masalah bagi kami," kata Southgate, dikutip dari uefa.com, Sabtu (3/7).

Ia justru tak sabar melihat anak asuhnya berlaga di Olimpico. Menurutnya, arena yang menjadi kandang AS Roma dan Lazio itu, salah satu stadion bersejarah.

Sebuah tempat fantastis, yang biasa menjadi gelanggang para jawara unjuk gigi. Pada saat yang sama, Southgate menunjukkan respek pada kubu lawan.

Ia telah mempelajari sepak terjang Ukraina secara lebih mendetail. Ia mengaku sering menonton skuat polesan Andriy Shevchenko berlaga.

Menurut Southgate, Oleksandr Zinchenko dkk sangat bagus dalam menjaga penguasaan bola. Para penyerang armada Zbirna juga nampak berbahaya.

"Dan tentu saja, mereka memiliki semangat luar biasa. Saat melawan Swedia, mereka memperlihatkan segalanya," ujar juru taktik 50 tahun ini.

Kendati demikian, sang arsitek tetap tenang. Nyaris semua anak asuhnya siap tempur.

Hanya Bukayo Saka yang masih diragukan apakah bisa tampil atau tidak. Bintang muda asal klub Arsenal itu mengalami cedera saat latihan.

Pemenang laga ini akan berhadapan dengan Republik Ceko atau Denmark. Duel tersebut, berlangsung di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7) dini hari WIB.

Terkait


Bastian Schweinsteiger

Legenda Jerman Sanjung Duet Chiellini-Bonucci

Manajer Inggris Gareth Southgate memeriksa lapangan sebelum pertandingan sepak bola babak penyisihan grup D UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Kroasia di London, Inggris, 13 Juni 2021.

Inggris Wajib Waspada Lawan Ukraina

Leonardo Bonucci dari Italia.

Singkirkan Belgia, Italia Menuju Semifinal Euro 2020

Perempat Final UERO 2020, Inggris vs Ukraina

Inggris vs Ukraina, Peluang Besar Inggris Lolos ke Semifinal

Lorenzo Insigne dari Italia merayakan gol kedua timnya pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belgia dan Italia di Allianz Arena di Muenchen, Jerman, Sabtu (3/7) dini hari WIB.

Insigne Star of the Match, Courtois Kecewa Belgia Tersingkir

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image