Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Telkomsel Beri Kemudahan Migrasi Kartu 4G

Kamis 08 Jul 2021 08:00 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hiru Muhammad

Telkom Balikpapan

Telkom Balikpapan

Foto: Telkomsel
Tukar kartu ke 4G adalah upaya Telkomsel mengakselerasi 4G/LTE yang cepat dan stabil

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel memudahkan para pengguna layanan untuk upgrade kartu 4G/LTE dari kartu SIM non 4G melalui layanan mitra e-commerce yakni Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID.

Pelanggan yang melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke uSIM 4G melalui program Tukar Kartu ke 4G di semua saluran layanan baik offline maupun online bisa mendapatkan tambahan kuota data hingga 30 GB. Syaratnya, nomor tersebut sudah aktif digunakan selama minimal enam bulan dengan jumlah penggunaan lebih dari Rp 100 ribu setiap bulan.

Program Tukar Kartu ke 4G ini dapat dinikmati  pelanggan hingga 31 Desember 2022. Program Tukar Kartu 4G LTE melalui layanan offline dapat dilakukan di konter GraPARI Telkomsel terdekat.

Migrasi di e-commerce ini dapat dilakukan melalui akun toko virtual resmi Telkomsel yang terdapat di Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID. Pelanggan pun dapat tetap menggunakan nomor lamanya saat melakukan upgrade ke uSIM 4G melalui e-commerce tersebut.

Pada channel online, pelanggan juga bisa mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter serta Virtual Assistant Telkomsel untuk mendapatkan pelayanan upgrade ke uSIM 4G. Untuk opsi e-commerce rekanan, cukup dengan Rp 5.000, pelanggan sudah bisa mendapatkan kartu 4G Telkomsel.

Sebagai informasi, mekanisme ini tidak berlaku bagi pelanggan yang nomornya terdaftar layanan mobile banking (m-banking). Pelanggan pascabayar atau prabayar yang nomornya terdaftar m-banking dapat mengganti kartu ke 4G di GraPARI terdekat. Berikut ini adalah cara migrasi melalui platform e-commerce:

Shopee

Cara tukar kartu lama ke kartu 4G lewat Shopee caranya mudah kok, hampir sama seperti kamu belanja pakaian. Masuk ke laman telkomsel.official di Shopee, kemudian klik Beli Sekarang, lalu pilih Checkout. Masukan alamat pengiriman kartu, pilih jenis pengiriman yang kamu inginkan, dan selesaikan pesanan dengan menekan tombol Buat Pesanan.

Bukalapak

Melalui Telkomsel Official Store di BukaMall, kamu juga bisa memperoleh kartu perdana 4G. Caranya pun kurang lebih sama. Kamu tinggal klik Beli Sekarang, pilih alamat pengiriman, pilih jenis kurir, pilih Metode Pembayaran, dan klik Bayar.

Tokopedia

Bagi pengguna setia Tokopedia, kamu juga bisa mendapatkan kartu perdana 4G di Official Store Telkomsel. Untuk langkah pembelian: klik tombol +Keranjang, masukkan kode promo jika ada, lalu klik tombol Beli. Di halaman berikutnya, kamu bisa lengkapi alamat pengiriman, jenis pengiriman, dan alat pembayaran. Jangan lupa klik tombol Bayar untuk selesaikan pesananmu.

JD.ID

Di JD.ID cara pembeliannya kurang lebih sama. Masuk ke Telkomsel Official Store, klik Beli Sekarang atau Masukkan ke Troli, lalu pilih alamat dan jenis pengiriman. Pilih alat pembayaran yang kamu inginkan dan selesaikan pembayaran tersebut. Pastikan kamu memasukkan alamat pengiriman yang tepat, agar tidak salah kirim ya.

Itulah beberapa platform e-commerce yang bisa kamu pilih untuk mengganti kartu lama kamu ke kartu 4G. Setelah kartu 4G yang kamu pesan tiba, ikuti langkah registrasi berikut ini:

Dari kartu lama

Hubungi *888*46#, pilih “1. Ya, Terima PIN 4G”

PIN 4G akan dikirimkan melalui SMS

Setelah memasukkan kartu 4G

Hubungi *888*46#

Masukkan PIN 4G yang didapatkan dari kartu Lama

Notifikasi berhasil upgrade kartu 4G akan dikirimkan melalui SMS

Sebagai catatan, pastikan smartphone yang kamu punya sudah mendukung jaringan 4G. Pastikan juga kamu berada di kota atau area yang sudah tercover oleh jaringan 4G Telkomsel. Dengan selesainya proses ini, maka kamu sudah bisa menikmati layanan 4G/LTE yang fenomenal itu.

Tapi sebelum itu, sebenarnya apa sih 4G USIM Card?

USIM sendiri merupakan singkatan dari Universal Subscriber Identity Mobile. USIM card adalah pengembangan dari SIM card yang bisa dipakai pada jaringan 3G dan 4G LTE.

Secara fisik, SIM Card biasa dan 4G USIM Card tak memperlihatkan perbedaan. Kendati demikian, biasanya operator memberikan tanda khusus pada fisik kartu, misalnya pada 4G SIM Card dari Telkomsel disematkan tulisan atau logo 4G.

Untuk mengatur jaringan, kamu bisa memasukkan SIM Card ke smartphone. Lalu masuk ke menu Settings. Pilih Wireless & Networks, kemudian masuk ke menu Mobile Network dan aktifkan 4G dengan menggeser tombol di menu Enable-4G. Lalu nyalakan koneksi data dan perhatikan indikator sinyal di barisan atas layar. Jika sedang menggunakan koneksi 4G maka pada indikator sinyal akan tampil tulisan 4G atau LTE.

Pendeteksian jaringan 4G di lokasi bisa dilakukan dari pilihan Carrier dari menu Mobile Network pada Settings. Matikan terlebih dahulu fungsi Choose automatically. Tunggu selama beberapa saat sampai tampil daftar nama operator beserta jenis jaringannya, misalnya Telkomsel 4G. Pilih jaringan tersebut untuk memastikan bisa memakai jaringan dengan SIM Card yang dimiliki. Jika pada sinyal koneksi data muncul logo 4G, maka bisa dipastikan SIM card sudah 4G.

Ini adalah perbedaan signifikan antara SIM Card biasa dengan 4G USIM Card. Bila masih menggunakan SIM Card biasa, atau SIM Card yang masih terbatas di jaringan 2G atau 3G, maka tidak akan bisa menikmati layanan koneksi data 4G, walau sudah memaksa masuk ke jaringan tersebut secara manual.

Yup! Perbedaan mendasar antara SIM Card biasa dengan USIM Card adalah dukungan jaringan 4G pada USIM Card, karena SIM Card hanya mentok mendukung sampai 3G saja.  USIM sebenarnya adalah komputer kecil yang mampu menangani beberapa aplikasi mini. Contohnya adalah portal layanan lokal yang memberikan akses ke tagihan smartphone, dompet pulsa dan lain-lain.

Beda SIM Card Biasa Vs 4G USIM Card

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari segi fisik, jika SIM Card masih berukuran sebesar kartu ATM, bisa dipastikan bahwa SIM card tersebut masih 2G. Tetapi rasanya sudah tidak beredar lagi SIM Card dengan ukuran sebesar kartu ATM. Garis potong yang tersedia pun masih sebatas ukuran mini SIM Card.

SIM  Card 2G dengan ukuran sebesar kartu nama ini beredar di tahun 1990an sampai sekitar awal tahun 2000an. Dahulu ponsel seperti Motorola 8700 masih harus memasukkan SIM Card seukuran kartu nama utuh.

Jika sekarang masih ada kartu perdana seukuran SIM Card, biasanya sudah ada garis potong ke micro SIM Card dan nano SIM Card. Biasanya jika sudah ada garis potong sampai nano SIM Card maka kartu tersebut sudah didukung jaringan 4G. Tetapi tentu saja, tetap harus dipastikan dengan melihat logo dan cek dengan smartphone mengenai dukungan jaringan tersebut.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA