Sabtu 03 Jul 2021 15:12 WIB

Luhut: Dua Pekan Kedepan Jadi Masa Kritis Penularan Covid

Menko Luhut memprediksi dalam 14 hari kedepan kasus baru Covid akan terus naik.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: dok. Tangkapan Layar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus Covid-19 dan angka kematian akibat virus itu di Indonesia terus melonjak. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi kasus akan terus naik hingga 14 hari kedepan dan menjadi masa kritis.

Luhut mengakui terjadi kenaikan jumlah infeksi dan jumlah pasien yang meninggal sejak empat hari yang lalu. Bahkan, kasus baru harian Covid-19 sebanyak 25 ribuan dan yang meninggal lebih dari 500 orang per 2 Juli 2021. 

Baca Juga

"Angka ini terus naik dan 10 hari kedepan. Bahkan, menurut hemat saya dalam dua pekan bisa terus naik," ujarnya saat berbicara di konferensi virtual Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sabtu (3/7). 

Sebab, dia melanjutkan, masa inkubasi virus ini masih berjalan. Jadi, dia melanjutkan, dua pekan ini menjadi masa kritis. Untuk itu, dia menambahkan, pemerintah telah memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang mulai berjalan hari ini.

Untuk memastikan pelaksanaannya, Luhut mengaku telah menelpon kepala daerah gubernur, Pangdam, hingga Kapolda untuk mengetahui pelaksanaan PPKM Darurat di daerah-daerah. Ia mengeklaim pelaksanaannya mulai berjalan dan berjalan baik. "Di Bandung juga oke," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement