Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Mahasiswa UMJ Raih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Sabtu 03 Jul 2021 15:12 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tampak kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tampak kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta

Foto: istimewa
UMJ akan mempersiapkan lebih banyak lagi mahasiswa mengikuti program IISMA dan ICT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pada tahun 2021 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan program beasiswa bagi ribuan mahasiswa Indonesia untuk kuliah di universitas ternama di luar negeri. Ada dua program yang digulirkan  Direktorat Belmawa, yaitu Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang perkuliahannya dilakukan secara offline ke luar negeri, dan program International Credit Transfer (ICT) yang perkuliahannya dilakukan secara online dan mahasiswa tetap berada di dalam negeri, di mana perkuliahannya dilakukan selama satu semester, September hingga Desember 2021.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil lolos untuk mengikuti kedua program tersebut setelah melalui seleksi yang ketat di antara ribuan mahasiswa lainnya. Menurut Koordinator Program IISMA dan ICT UMJ Endang Zakaria, setelah mengikuti seleksi berkas dan wawancara, Kemendikbud mengumumkan 1.000 Awardee IISMA tahun 2021, dan ada 3 mahasiswa UMJ lolos mengikuti Program IISMA, yaitu Allisa Zahrah (Arsitektur) ke University of Sussex - United Kingdom, Ranialda Hendri (Akuntansi) ke Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Hayuni Amalia (Keperawatan) ke Universiti Putera Malaysia. Mahasiswa akan mengikuti perkuliahan secara langsung ke kampus tujuan mereka. "Seleksi Program ini sangat ketat, karena selain dibutuhkan score TOEFL 550 atau IELTS 6.0, IPK minimal 3.0 juga mahasiswa harus mengikuti seleksi wawancara dalam Bahasa Inggris", kata Endang.

Endang Zakaria, Ketua Kantor Urusan Internasional UMJ menambahkan  mahasiswa akan mendapatkan pembiayaan pendidikan dari Kemendikbud meliputi uang kuliah di kampus tujuan, biaya akomodasi, living allowance, tiket pesawat, biaya visa, biaya karantina, dan biaya test PCR di Bandara.

Sementara itu 10 mahasiswa UMJ juga lolos mengikuti Program ICT dengan mitra kampus ternama di Tiongkok dan Malaysia yang perkuliahannya akan dilakukan secara online. Mahasiswa akan mendapatkan pembiayaan dari Kemendikbud meliputi biaya kuliah di kampus tujuan, allowance, dan biaya pembelian buku/ akses jurnal. Mahasiswa UMJ yang lolos mengikuti program ICT ini adalah: Ciptaning Ndhika Rijadi dan Fadhilah Salsabila dari Fak. Ekonomi dan Bisnis, Almira Aisyah, Clara Clarisa, dan Annisa Azzahra dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fak. Ilmu Pendidikan, Shafira Nur F, Jian Indah TP, dan Mitha Rabiatul Adawiyah dari Prodi Teknik Kimia FT, Muh Yuda Pratama dan Naila Waliya dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP.

Rektor UMJ, Dr. Ma'mun Murod Al-Barbasy yang baru satu bulan dilantik menyambut baik capaian yang diraih oleh mahasiswa UMJ ini, "Di masa mendatang UMJ akan mempersiapkan lebih banyak lagi mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan siap berkompetisi dengan kampus lainnya untuk mengikuti Program IISMA dan ICT dari Kemendikbud", kata Ma'mun Murod.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA