Sabtu 03 Jul 2021 12:48 WIB

Jim Kennedy, Konglomerat Media AS Berharta Rp139 Triliun

Pengusaha asal Amerika, Jim Kennedy adalah salah satu orang terkaya di dunia

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kisah Orang Terkaya: Jim Kennedy, Konglomerat Media Amerika Berharta Rp139 Triliun (Foto: AP Photo/Hyosub Shin)
Kisah Orang Terkaya: Jim Kennedy, Konglomerat Media Amerika Berharta Rp139 Triliun (Foto: AP Photo/Hyosub Shin)

Pengusaha asal Amerika, Jim Kennedy adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia adalah seorang eksekutif media, filantropis, yang lahir di Honolulu, Hawaii pada tahun 29 November 1947 dan paling dikenal sebagai pemilik dan ketua Cox Enterprises, perusahaan konglomerat media yang didirikan oleh kakek dari pihak ibu.

Divisi perusahaannya termasuk penyiaran radio, Lelang Manheim, Valpak, penerbitan surat kabar, penerbitan televisi, sistem kabel dan bisnis internet untuk beberapa nama. Di industri media, ia dikenal sebagai salah satu yang paling kuat di dunia. Ia juga berbagi kepemilikan dengan saudara perempuan dan sepupunya.

Selain menjadi ketua, Kennedy menjabat sebagai CEO dari 1988 hingga 2008; di bawah kepemimpinannya pendapatan perusahaan naik dari USD1,8 miliar menjadi USD21 miliar.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Harold Hamm, Anak Petani Kapas yang Jadi Pelopor Penambangan Minyak di AS

Kakek Kennedy, James M. Cox, mendirikan Cox Enterprises pada tahun 1898 ketika ia membeli Dayton Evening News. Pekerjaan pertama Kennedy di perusahaan tersebut adalah sebagai asisten produksi di divisi surat kabar pada tahun 1972. Dia mewarisi 25% sahamnya di Cox Enterprises dari ibunya, Barbara Cox Anthony, yang meninggal pada tahun 2007.

Kennedy menerima gelar sarjana dalam administrasi bisnis dari Universitas Denver pada tahun 1970. Pada tahun 2003, ia menerima gelar doktor kehormatan surat-surat kemanusiaan dari Universitas Negeri Kennesaw, yang berlokasi di Kennesaw, Georgia. Pada tahun 2018, ia diberikan gelar doktor kehormatan dari Colorado State University. Hari ini, Forbes mencatat harta kekayaan Kennedy mencapai USD9,6 miliar (Rp139 triliun).

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement