Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

Di Manakah Beasiswa Perguruan Tinggi Islam Berada?

Eduaksi | Saturday, 03 Jul 2021, 02:20 WIB

Bismillah..." Dimanakah Beasiswa Perguruan Tinggi Islam berada? “

(Daftar Kampus Islam di Dunia yang ada Beasiswa)

Di Buat Oleh:

Al Ustadz Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, S.Pd, M.MPd, M.Pd, I -Hafidzhahulloh Ta'ala- *

(Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan, Praktisi dan Pengamat PAUDNI / Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Aktivis Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat)

Ternyata cukup banyak perguruan tinggi di luar negeri, terutama di Timur Tenggah yang menyediakan beasiswa. Di bawah ini adalah sebagian di antaranya:

- *Universitas Islam Ummul Qura', Makkah (Arab Saudi)*

Universitas yang dikenal unggul dalam bidang pendidikan syari'ah. Laboratorium bahasanya megah dan lengkap, serta tersedia untuk mahasiswa non-Arab. Selain itu juga ada ushuluddin dan adab. Semua fasilitas pendidikan gratis.

Calon mahasiswanya minimal tamatan SLTA atau Aliyah dengan indeks prestasi minimal 7,5. di samping itu harus mendapat rekomendasi dari Lembaga keislaman atau individu yang dipercaya dan dikenal oleh Ummu Qura'

- *Universitas Al-Imam Muhammad Ibnu Saud', Riyadh (Arab Saudi)*

Awalnya, perguruan tinggi bergengsi ini bernama Riyadh University. Kenal pula dengan sebutkan Universitas Raja Saud. Terdiri atas banyak arsitektur, antara lain arsitektur, manajemen, komputer, dan pendidikan/tarbiyah.

Khusus untuk Arsitektur tarbiyah, ada Jurusan pendidikan agam islam semisal syari'ah dan ushuluddin. Calon mahasiswa haarus sudah tamatan SLTA atau yang setara, dan mengajukan lamaran melalui Lembaga yang telah mendapat pengakuan dari Universitaas King Saud. Berikutnya calon mahasiswa asing (non-arab) Wajib mengikuti Lembaga Bahasa Arab sebagai lembaga remidiasi (persiapan) Bahasa Arab selama empat semester. Semua fasilitas pendidikannya gratis, dengan beasiswa sebesar 800 Real untuk setiap mahasiswa per bulan.

- *Universitas Islam Madinah (Arab Saudi)*

Lembaga pendidikan yang dikenal unggul dalam sistem pendidikan syariahnya. Kebanyakan lulusannya melanjutkan jenjang pendidikan master atau doktor ke Universitas Ummul Qura'. Seleksi cukup ketat. Harus lulus SLTA atau Aliyah dari pendidikan yang diakuai oleh Universitas Islam (Jam'iyyah Islamiyyah) Madinah. Namun karena banyaknya yang mendaftar antreannya sampai satu tahun.

Bagi yang diterima, mahasiswa bisa memanfaatkan semua fasilitas dengan gratis. Bahkan untuk pulang liburan satu hari sekali disediakan tiket pulang-pergi.

- *Universitas Islam Al-Azhar, Kairo (Mesir)*

Perguruan tinggi ini telah berusia 1014 tahun. Ada banyak yang diraih, di antaranya adalah arsitektur syari'ah, dakwah, ushuluddin, dan studi keislaman. Sejak tahun 1952, Al-Azhar mengalami modernisasi dengan membuka 2 kedokteran, teknik, pertanian, ekonomi, pendidikan, dan satra. Biaya kuliah tidak terlalu mahal dan tersedia beasiswa, tetapi untuk mendapatkannya harus melewati seleksi yang ketat. Untuk program S-1, calon mahasiswa harus tamat SLTA/Aliyah atau Pondok Pesantren Muaddalah (yang diakui Al-Azhar).

Khusus calon mahasiswa asal Indonesia (NKRI) harus mengikuti ujian melalaui Departemen Agama (DEPAG) RI dengan materi hafalan Al-Qur'an, Bahasa Arab, Pengetahuan Dienul Islam, Ujian Pancasila, dan Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Tulis Pancasila.

- *Universitas Antar Bangsa, Kuala Lumpur (Malaysia)*

Universitas yang diunggulkan oleh Rabithah Alam Islami ini memiliki banyak arsitektur keislaman, diantaranya Sejarah dan pengeatahuan islam dan ekonomi Islam.

Calon mahasiswa harus mendapat rekomendasi dari Lembaga islam yang diakui, dengan membayar uang pendaftaran sebesar USD 15. sekalipun ada program beasiswa di sini, mahasiswa masih harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan fasilitas pendidikan, seperti Laboratorium untuk penelitian.

- *Universitas Bagdad (Irak)*

Memiliki banyak arsitektur, kedokteran diantaranya, teknik, pendidikan, administrasi dan kesekretariatan, syari'ah, ushuluddin, adab, dan tarbiyah. Orang asing (diluar Irak) harus memenuhi kriteria tertentu. Diantaranya harus tamatan SLTA/Aliyah dan mendapat rekomendasi dari Lembaga-lembaga keislaman yang memiliki hubungan dengan Lembaga ini.

Bagi calon mahasiswa yang diterima, akan diberi kesempatan untuk mengikuti persiapan Bahasa Arab selama satu sampai dua tahun.

- *Universitas Islam Internasional, Islamabad (Pakistan)*

Ada empat arsitektur: ekonomi, syari'ah, Dakwah (ushuluddin), dan sastra Arab. Tersedia program S-1 sampai S-3. calon mahasiswa harus mengirim lamaran terlebih dahulu. Mahasiswa S-1 harus berasal dari SLTA/Aliyah yang diakui perguruan tinggi ini. Bagi yang ingin menempuh jenjang S-2 dan S-3, harus mendapat rekomendasi dari Lembaga keislaman yang mendapat pengakuan dari Universitas Islam Internasinal, Islamabad (Pakistan).

- *Universitas Internasional Afrika (Sudan)*

Padatahun pertama, mahasiswa dikenai biaya. Memasuki tahun kedua, semua biaya yang ditanggung Lembaga. Mahasiswa bahkan mendapat uang saku USD 100 per bulan. Untuk dapat belajar di universitas ini, calon mahasiswa harus mengajukan lamaran melalui Yayasan-yayasan keislaman atau Lembaga-lembaga pendidikan yang telah mendapatkan pengakuan dari Universitas Internasional Afrika.

- *Universitas Perminyakan dan Pertambangan Raja Fahd, Dhahran (Arab Saudi)*

Perguruan tinggi yaitu universitas sains dan teknologi bertaraf Internasional. Warga setempat banyak yang berminat sekolah di sini sehingga orang asing hanya mendapat program jatah S-2 dan S-3. mendaftar ke universitas ini cukup melalui internet atu surat. Calon yang lulus seleksi akan dipanggil dan mendapatkan penggantian biaya tiket.

- *Universitas Tarbiyah As-Sa'siyah, (Kuwait)*

Lembaga satu pembayaran dengan Ma'had Technology Kuwait. Ada beberapa arsitektur, seperti Bahasa Arab, Pendidikan Islam, Pendidikan dan ilmu jiwa, Olahraga, Seni, Sosiologi, dan Ilmu pengetahuan alam. Calon Mahasiswa harus mengajukan lamaran melalui Kedutaan Besar Kuwait di Jakarta. Syaratnya harus lulus SLTA/Aliyah, serta mendapat rekomendasi dari suatu Lembaga atau seseorang yang mendapat pengakuan dari Tarbiyah As-Sa'siyah.

Seluruh orang asing mengambil program beasiswa, dan mendapat fasilitas asrama, makan dan tranportasi.

- *Beasiswa di Suriah*

SEBUAH). Sekolah Pemerintah, Biaya pendidikannya gratis, namun untuk jenjang perguruan tinggi, ada beberapa biaya tambahan. Mahasiswa dari luar negeri bisa mendapatkan beasiswa sebesar 400 lira Suriah, disamping mendapat asrama gratis.

B). Sekolah Swasta (Ma'had), menyediakan asrama dan beasiswa. Secara finansial, perguruan tinggi di sini sudah serba serba sehingga tidak memerlukan sumbangan dari mahasiswa.

Semakin tinggi jenjang pendidikan, beasiswanya semakin besar. Namun peraturannya juga ketat. Bagi yang gagal naik level, mahasiswa akan dikelurakan.

- *Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), Jakarta (Indonesia)*

Nama resminya adalah University of King Ibnu Saud (cabang Indonesia), namun masyarakat Indonesia lebih mengenalnya sebagai LIPIA. Setiap tahun, Lembaga pendidikan ini menerima 300-400 mahasiswa. Ada 4 Program yang diasuh Lembaga ini yaitu: I'dad (Persiapan Bahasa Arab), Takmili (Persiapan Masuk Universitas), Program Diploma, Program S-1 Syari'ah.

Mahasiswa S-1 LIPIA mendapat beasiswa 200 Riyal perbulan, sedangkan program lainnya 100 Riyal. Juga tersedi asrama. Alumni LIPIA yang berprestasi baik dapat melanjutkan program studinya di berbagai perguruan tinggi di Arab Saudi dalam program beasiswa lanjutan.

*Bagi Saudara/I Muslim yang ingin bekerja sama yakni dalam:*

1) Mencetak dan menerbitkan buku-buku/kitab bermanhaj Ahlusunnah wal Jama'ah.

2) Memberikan santunan untuk para da'i dan kegiatan Dakwah kepada orang-orang diluar islam untuk memeluk islam dan mengajarkan orang-orang yang baru untuk memeluk islam.

Pemberian bantuan dana dan buku-buku islam kepada Lembaga-lembaga sosial serta Islamic center.

3). Membangun sarana peribadatan umat Islam serta perpustakaan islam.

4). Mengirimkan da'i-da'i ke tempat kaum muslimin yang berada dalam kesialan dengan Tujuan mengajarkan masalah-persolan agama kepada mereka serta menghancurkan program permutadan, Syirik, Tahayul, Bid'ah, Khurafat yang tersebar di tengah masyarakat, dll.

*Silahkan anda berkerjasama dengan nama Lembaga-lembaga islam dibawah ini:*

1) An Nadwah Al Islamiyah Lissabab Al Islami (Riyadh, Arab Saudi).

2) Haeatul Igatsah Al Islamiyyah Al 'Alamiyah (Jeddah, Arab Saudi).

3) Kantor Dakwah Islam Di Rabwah (Riyadh, Arab Saudi).

4) Haetul 'Ulya Lil Istiqbal At Tabarru'at Limuslimil Bosnia Herzegovina Wa Somalia (Riyadh, Arab Saudi).

5) Lajnah Al Muslim Afriqia (Kuwait, Arab Saudi).

6) Muassasah Al-Haramain (Riyadh, Arab Saudi).

7) Lajnah Dakwah Al Islamiyah (Kuwait, Arab Saudi).

8) Lajnah Alam Al Islami (Kuwait, Arab Saudi).

9) Lajnah Al Munasarah Al Khairiyah (Kuwait, Arab Saudi).

10) Lajnah Jam'iyah Ihya At Turats Al Islami (Kuwait, Arab Saudi).

11) Lajnah Al Islamiyah lil Igatsah (Uni Emirat Arab, Arab Saudi).

12) Haetul Igatsah Al Insaniyah (Mesir).

13) Al Iqatsatul Islamiyah (Inggris).

14) Al Muntada Al Islamy (Inggris).

Di ambil dari kitab Daliil Al Muhsiniin (Al Munfiqiin) karya Syaikh Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim al-Atiq حفظه الله

Untuk di Indonesia Anda bisa bekerja sama dengan nama Lembaga-lembaga Islam di bawah ini.

1). Tasjilat Al-Sofwa Al-Islamiyyah , Jakarta, Telp. (021) 78838103 Website: www.alsofwa.or.id.

Pimpinan: Ustadz Abu Bakar bin Muhammad Altway, Lc Hafidzhahulloh Ta'ala

2). Lembaga Dakwah dan Taklim (L-Data) , Jakarta, Jln. Kebon Nanas Utara II, RT.003/004, No.16A, Kel.Cipinang Cempedak, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur, Website: www.aldakwah.org.

Pimpinan: Ustadz Muhammad Yusuf Harun, Lc, MA Hafidzhahulloh Ta'ala

3). Lembaga Dakwah Sunniyyah Indonesia (eLDaSI) , Telp. (021) 70702891

4). Yayasan Islam Al-Huda , Bogor, Jawa Barat & Himpunan Ahlussunah untuk Masyarakat Islami (HASMI) , Telp. (0251) 650282/(0251) 388006 faks.(0251)389788 Situs web: www.hasmi.org.

Pimpinan: Ustadz Eka Habibullah Sakti, Lc, ME, I Hafidzhahulloh Ta'ala, Ustadz Dr. Muhammad Sarbini, MH, I Hafidzhahulloh Ta'ala

5). Jam'iyyah Dakwah Islamiyyah , Rangkasbitung-Banten,

Jln. TBC. Hasan Cimesir, Rangkasbitung, Lebak – Banten, Website: www.da-wah.com. Pimpinan Ustadz Takdir Uripto Syamsuddin Ali, SE, MM Hafidzhahulloh Ta'ala

Semoga Bermanfaat Info ini, Barokallohu' fiikum, Kita tutup Tulisan ini dengan Do'a Kafaratul Majelis:

Subhanakallohummawabihamdika Ashadu'ala ilahaila anta Astagfiruka wa'atubuh ila'ika

[Maha suci Engkau, Ya Alloh. Dan dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah dengan berdoa memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu, melainkan diampuni Anda dosa yang terjadi di majlis itu". (HR. at-Tirmidzi).

"Hasbunalloh wa ni'mal wakiil ni'mal mawla wa ni'mannashiir"

Salam AHADUN AHAD Allohu Akbar (Hidup Mulia atau Mati Syahid/Isy Kariman Aw Mut Syahidan)

* Penulis Lahir Tahun 1984 di Jakarta, Status Menikah

Pendidikan:

1. TK Flamboyan Bekasi Timur Kota Bekasi

2. SD Negeri Bekasi Timur 2 (saat ini SD Negeri Bekasi Jaya 5) Kota Bekasi

3. MTS Ponpes NU Al Masthuriyyah Tipar Cisaat Sukabumi (Cuma sampai Kelas 2 MTS)

4. MTS Muhammadiyah 02 Kota Bekasi

5. MA Negeri 01 Kota Bekasi

6. FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Prodi / Program Studi PLS / Pendidikan Luar Sekolah UNTIRTA / Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten (S.Pd)

7. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (IMNI), Jakarta – Pascasarjana, Konsentrasi Manajemen Pendidikan (M.MPd)

8. Pascasarjana Universitas Islam Jakarta Jurusan PAI (M.Pd, I)

Silahkan di Share seluas-seluasnya Info ini, Syukron

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image