Sabtu 03 Jul 2021 00:01 WIB

Babak Pertama, Spanyol Ungguli Swiss 1-0

Timnas Spanyol bermain dominan sejak menit awal pertandingan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Spanyol Jordi Alba (kiri), merayakan gol dengan rekan satu timnya pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol di Stadion Saint Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Jumat (2/7).
Foto: Anton Vaganov/Pool melalui AP
Pemain timnas Spanyol Jordi Alba (kiri), merayakan gol dengan rekan satu timnya pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol di Stadion Saint Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Jumat (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Swiss tertinggal di babak pertama saat menghadapi Spanyol pada laga perempat final Piala Eropa (Euro) 2020 di Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7) malam WIB. Swiss tertekan sejak awal dan kebobolan satu gol oleh Jodri Alba di menit ke-8.

Spanyol bermain dominan sejak menit awal pertandingan. Namun Xherdan Shaqiri dengan cepat mengambil bola dari Sergio Busquets dan melancarkan serangan balik. Dia memiliki opsi di depannya tetapi memilih untuk melakukannya sendiri dari tepi kotak, dan usahanya diblok oleh Aymeric Laporte.

Pedri dan Ferran Torres bekerja sama dengan baik di sisi kanan untuk Spanyol, tetapi mereka tidak dapat menemukan jalan masuk ke kotak penalti saat Swiss turun lebih dalam. Keduanya menahan bola dengan baik tetapi belum bisa menghasilkan apa-apa.

Spanyol memimpin dengan cepat di menit ke-8 melalui gol yang diciptakan oleh Jordi Alba. Alba menyambut umpan dari tendangan sudut yang terlalu deras di sebelah kanan kotak penalti dengan tendangan voli. Bola berubah arah setelah membentur kaki Denis Zakaria dan mengecoh kiper Yann Sommer. Skor berubah 1-0 untuk Spanyol.

Tim asuhan Luis Enrique terus mempertahankan penguasan bola. Di menit ke-17, Spanyol memenangkan tendangan bebas di luar kotak. Koke melepaskan tendangan langsung ke gawang namun masih sedikit terlalu tinggi hanya mendarat di atap jaring.

Di menit ke-25, percobaan dari situasi tendangan sudut kembali didapatkan Spanyol. Kali ini, tendangan Koke mengarah dengan tepat ke Cesar Azpilicueta yang menyambutnya dengan tandukan kepala. Namun, arah bola masih berada dalam jangkauan Sommer yang langsung memeluknya.

Swiss masih berjuang untuk mendapatkan penguasaan bola saat Spanyol terus menguasai bola dengan nyaman. Swiss mulai menekan dan mendapat sedikit peluang di menit ke-34 dari tendangan sudut. Tendangan sudut diayunkan ke dalam kotak disundul Manuel Akanji, tetapi arah bola masih di atas mistar.

Tekanan tinggi Swiss menyebabkan Spanyol bermasalah dan berhasil mengatasinya. La Roja mempertahankan keunggulan 1-0 hingga turun minum.

Susunan pemain kedua tim:

Swiss (3-4-1-2)

Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Denis Zakaria, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri; Breel Embolo, Haris Seferovic.

Cadangan: Yvon Mvogo, Edimilson Fernandes, Djibril Sow, Gregor Kobel, Mario Gavranovic, Jordan Lotomba, Christian Fassnacht, Kevin Mbabu, Loris Benito, Ruben Vargas, Eray Comert, Fabian Schar.

Spanyol (4-3-3)

Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Alvaro Morata, Pablo Sarabia.

Cadangan: Diego Llorente, Marcos Llorente, Mikel Oyarzabal, Robert Sanchez, Gerard Moreno, David de Gea, Thiago Alcantara, Rodrigo, Adama Traore, Eric Garcia, Jose Gaya, Dani Olmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement