Jumat 02 Jul 2021 21:10 WIB

Kroos Resmi Pensiun dari Timnas Jerman

Kroos mengumumkan pensiun pada Jumat (2/7) via Instagram.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Toni Kroos memutuskan pensiun dari timnas Jerman.
Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Toni Kroos memutuskan pensiun dari timnas Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Toni Kroos resmi mengundurkan diri dari tim nasional Jerman. Sebelumnya, ia mempertimbangkan untuk membuat keputusan ini setelah Der Panzer tersingkir dari Piala Eropa 2020. 

Tak butuh waktu lama bagi Kroos untuk menentukan pilihannya. Melalui Instgram, Kroos mengumumkan apa yang ia pikirkan. Ia telah membela negaranya di level senior dalam 106 pertandingan.

Baca Juga

"Tadinya saya berharap bisa mengakhiri karier dengan 109 caps, tentunya dengan satu gelar lagi, yakni Piala Eropa. Saya memberikan segalanya, mencoba mewujudkannya. Sudah lama saya memutuskan (Euro 2020), merupakan turnamen terakhir saya," demikian petikan tulisan Kroos di media sosial miliknya, dikutip dari dfb.de, Jumat (2/7).

Sebenarnya, tahun depan masih ada ajang bergengsi antarnegara, yakni Piala Dunia 2022 di Qatar. Gelandang Real Madrid ini enggan terlibat dalam kompetisi tersebut.

Selama membela Die Mannschaft, Kroos mencetak 17 gol. Satu gelar sudah diraihnya. Ia bagian dari skuat Der Panzer yang menjadi juara dunia 2014, di Brasil.

Ia tampil dalam tiga turnamen besar. Selam periode tersebut, ia mentas di 28 pertandingan dan mencetak gol.

Semifinal Piala Dunia 2014 merupakan laga paling berkesan dalam karir Kroos di panggung internasional. Jerman mengalahkan Brasil 7-1. Sang gelandang mencetak dua gol dalam 69 detik. Itu dua gol tercepat dalam sejarah Piala Dunia.

Kroos mengucapkan terima kasih kepada penggemar dan pelatih Joachim Loew. "Merupakan suatu kehormatan, bisa mengenakan seragam ini dalam waktu yang lama. Saya selalu bermain dengan rasa bangga dan penuh semangat," ujar Kroos.

Kini ia sepenuhnya fokus bersama Madrid. Kroos kini bisa lebih dekat dengan istri dan ketiga anaknya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement