Jumat 02 Jul 2021 21:38 WIB

Bulan Ini,Populasi Mobil Listrik di Jerman Capai 1 Juta Unit

Jerman secara konsisten menghadirkan sejumlah insentif untuk EV.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengisian energi listrik pada mobil tenaga listrik (ilustrasi)
Foto: revisionenergy.com
Pengisian energi listrik pada mobil tenaga listrik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Jerman merupakan salah satu negara yang agresif dalam menyambut kehadiran mobil listrik. Setiap tahun, populasi electric vehicle (EV) di negara itu pun terus mengalami peningkatan.

Dikutip dari Reuters pada Jumat (2/7), pada Juli ini, populasi EV di Jerman diperkirakan akan mencapai 1 juta unit. Capaian ini pun sekaligus menandakan bahwa EV mulai mendominasi jumlah kendaraan di Jerman.

Baca Juga

Meskipun, capaian ini sebenarnya sedikit meleset dari target yang sempat ditetapkan. Karena, tadinya Jerman menargetkan populasi EV mampu menyentuh angka 1 juta unit pada 2020.

Menteri Ekonomi Jerman, Peter Altmaier pun mengakui bahwa target itu memang meleset. "Tapi target itu hanya meleset enam bulan saja," kata Peter.

Soal pertumbuhan populasi EV, ia mengatakan bahwa hal ini dapat tercapai karena Jerman secara konsisten menghadirkan sejumlah insentif untuk EV. Hal ini otomatis membuat masyarakat lebih tertarik untuk beralih pada EV.

Menurutnya, total insentif yang disiapkan oleh Pemerintah Jerman adalah sebesar 1,25 miliar euro. Insentif itu pun tetap diberikan meski Jerman sempat dihantam pendemi.

Selanjutnya, Jerman tengah berupaya untuk mampu mencapai target jangka panjang. Dengan target itu, diharapkan populasi EV di Jerman mampu mencapai level 7 hingga 10 juta unit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement