Jumat 02 Jul 2021 19:16 WIB

Kanada Keluarkan Perintah Evakuasi karena Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan melanda bagian provinsi British Columbia, Kanada

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Kebakaran hutan melanda bagian provinsi British Columbia, Kanada. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/EVAN COLLIS/DFES
Kebakaran hutan melanda bagian provinsi British Columbia, Kanada. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA - Pejabat pemerintah Kanada mengeluarkan perintah evakuasi akibat dari kebakaran hutan yang melanda bagian provinsi British Columbia, Kamis (1/7) waktu setempat. Kebakaran hutan sudah mulai terjadi tiga hari belakangan yang menyebabkan kehancuran di sebagian besar kota kecil Lytton di Kanada barat tersebut.

Lebih dari 1.000 orang di dan sekitar Lytton, British Columbia dievakuasi pada Rabu (30/6) malam waktu setempat setelah api bergerak cepat merambat ke daerah tersebut. Perdana Menteri British Columbia John Horgan mengatakan penyebab kebakaran masih diselidiki.

Baca Juga

Menurut laporan Post Media, sepasang suami istri berusia 60-an tahun meninggal karena kebakaran. Para pejabat mengatakan beberapa penduduk belum ditemukan dan sebagian besar rumah dan bangunan di Lytton telah hangus terbakar.

"Kota ini mengalami kerusakan struktural dan 90 persen desa terbakar, termasuk pusat kota," kata anggota Parlemen untuk Mission-Matsqui-Fraser Canyon Brad Vis dalam sebuah unggahan di Facebook.

Dia menjelaskan kebakaran itu juga menyebabkan kerusakan parah pada stasiun British Columbia Hydro dan jalan raya sehingga membatasi akses ke Lytton melalui jalan darat. Horgan mengatakan 62 kebakaran baru dilaporkan terjadi di British Columbia dalam 24 jam terakhir.

Insiden ini memaksa pihak berwenang untuk mengeluarkan perintah evakuasi baru yang memengaruhi sekitar 700 orang di wilayah Cariboo BC. Wali Kota Lytton Jan Polderman memerintahkan semua orang di kota berpenduduk 250 orang itu untuk mengungsi pada Rabu malam.

Warga dari 87 properti lain di utara Lytton juga diperintahkan untuk pergi pada Rabu. Rekaman video amatir menunjukkan penduduk Lytton berebut untuk meninggalkan kota dengan mobil saat api membakar pohon dan beberapa bangunan.

Lytton mencetak rekor 49,6 derajat Celcius (121,28 derajat Fahrenheit) pada Selasa. Suhu tertinggi sebelumnya di Kanada, yang dikenal dengan musim dingin yang sangat dingin, adalah 45 derajat Celcius, terjadi di Saskatchewan pada tahun 1937. Gelombang panas yang mendesis juga melanda Barat Laut AS dengan suhu yang mencapai rekor tertinggi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement