Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Mesir Ucapkan Selamat Peringatan Seabad Partai Komunis China

Jumat 02 Jul 2021 14:30 WIB

Rep: Kamran Dikarma / Red: Christiyaningsih

Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kantor Berita Xinhua menunjukkan kembang api di atas Stadion Nasional membentuk angka

Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kantor Berita Xinhua menunjukkan kembang api di atas Stadion Nasional membentuk angka

Foto: EPA-EFE/PENG ZIYANG
Presiden Mesir janji promosikan hubungan Mesir-China menuju prospek yang lebih luas

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sisi menyampaikan selamat kepada Presiden China Xi Jinping atas peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis Cina (PKC). Sisi mengatakan PKC telah berhasil mengantarkan Negeri Tirai Bambu ke kemajuan ekonomi.

“Merupakan kebanggaan saya untuk menyampaikan kepada Anda, dan melalui Anda, rakyat China yang ramah, ucapan selamat saya atas peringatan 100 tahun berdirinya PKC,” kata Sisi dalam pesannya kepada Xi yang juga menjabat sebagai sekretaris jenderal PKC dikutip dari laman Ahramonline, Kamis (1/7).

Sisi mengungkapkan PKC telah berhasil membawa Cina mencapai kemerdekaan nasional. PKC pun berperan meletakkan dasar bagi China modern dan berhasil memajukan perekonomian negara tersebut.

“Eksperimen China telah menjadi kisah sukses yang banyak dipelajari dan dimanfaatkan oleh banyak orang,” ujar Sisi.

Sisi berjanji mempromosikan hubungan Mesir-China menuju prospek yang lebih luas. Dia menyerukan pengerahan upaya untuk bertukar pengalaman dan eksperimen yang sukses.

Baca Juga

“Pandemi virus corona telah membuktikan bahwa kerja sama antar-negara dan kemampuan mencapai integrasi serta harmoni di berbagai tingkatan menjadi faktor penting untuk menjamin stabilitas dan keamanan masyarakat internasional,” ucapnya.

Terkait hal itu, Sisi mengapresiasi peran positif China yang mendukung Mesir menghadapi dampak pandemi. Mesir adalah negara Arab, Afrika, dan Timur Tengah pertama yang mengakui Republik Rakyat China dan pencapaian PKC serta menjalin hubungan diplomatik dengannya. “Pada 30 Mei tahun ini, 65 tahun hubungan antara kedua negara kita akan terlewati,” kata Sisi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA