Jumat 02 Jul 2021 09:58 WIB

Cerita Alumnus UMM Bangun Bisnis Travel Terbaik di Malang

Bisnis alumnus UMM Smartway.id terpilih sebagai agen travel terbaik se-Malang

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Alumnus Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fikri Bagus Zakaria.
Foto: Humas UMM
Alumnus Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fikri Bagus Zakaria.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Alumnus Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fikri Bagus Zakaria telah mendirikan bisnis travelnya Smartway.id sejak empat tahun lalu. Smartway.id milik Fikri berhasil terpilih menjadi agen travel terbaik se-Malang versi TripAdvisor Traveller’s Choice. 

Fikri mengaku, kesuksesannya ini bermula dari hobi traveling-nya ke dalam maupun luar negeri. Dari hobi tersebut ia berkeinginan untuk mendirikan bisnis travel sendiri. Berbekal ilmu soft marketing dari penjurusan Publik Relation (PR) Ikom UMM serta pengalaman dua tahunnya sebagai marketing BMW, Fikri mulai merintis bisnisnya.

Fikri mengatakan, keluarga dia sebelumnya memang sudah bergerak di bisnis Food And Beverage (F&B). Sebab itu, pemikiran untuk membuka bisnis sudah ada sejak lama. Meski memiliki keinginan untuk membuka bisnis, dia tidak tahu cara berjualan dan mau bisnis apa. 

"Maka dari itu bekal penjurusan PR di UMM, pengalaman mengikuti komunitas, serta juga pengalaman kerja selama dua tahun benar-benar membuka wawasan saya serta menambah relasi bisnis,” ungkap Fikri dalam pesan resmi yang diterima Republika, Kamis (1/7).

Anak ketiga dari empat bersaudara ini menceritakan perjuangan bisnisnya selama pandemi. Masuknya Covid-19 ke Indonesia benar-benar memukul sektor pariwisata. Hal tersebut juga berdampak pada jalannya bisnis Smartway.id.

Namun dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit ia dan bisnis agen travelnya mulai bangkit kembali. Di masa yang serba sulit seperti in harus pintar mencari peluang. Sisi positifnya, dia dan tim dapat melakukan beberapa pengembangan di bidang-bidang yang dulu tidak terlalu diperhatikan. 

"Kami juga menambah beberapa tim baru salah satunya adalah tim dokumentasi untuk mendukung proses bisnis,” kata Fikri.

Di tengah-tengah kesulitannya saat ini, Fikri sangat bersyukur karena Smartway.id dinobatkan sebagai agen travel terbaik di Malang. Fikri berharap keadaan akan segera membaik dan berjalan normal seperti sebelum pandemi. Masyarakat juga bisa segera divaksinasi sehingga teman-teman dari sektor pariwisata dapat bangkit lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement