Jumat 02 Jul 2021 06:16 WIB

Hari Jamu Nasional, Milenial Diajak Minum Jamu

Meningkatkan kepeduluan milenial dengan kontes membuat konten jadi penjual jamu.

Rep: Fitrianto/ Red: Bilal Ramadhan
Dengan mengusung tema “Saatnya Jamu Kembali Jaya”, Air Mancur sebagai salah satu produsen jamu terbaik di Indonesia, memperingati Hari Jamu Nasional dengan melakukan beberapa kegiatan melalui aktivitas digital dan kolaborasi dengan depot jamu, pedagang jamu keliling, hingga café jamu di Jakarta
Foto: Istimewa
Dengan mengusung tema “Saatnya Jamu Kembali Jaya”, Air Mancur sebagai salah satu produsen jamu terbaik di Indonesia, memperingati Hari Jamu Nasional dengan melakukan beberapa kegiatan melalui aktivitas digital dan kolaborasi dengan depot jamu, pedagang jamu keliling, hingga café jamu di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Jamu Nasional diperingati setiap tanggal 27 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini sudah ke 13 kalinya sejak dicanangkan 2008 lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu. Jamu sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia, sudah semestinya mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, khususnya di Hari Jamu Nasional tahun ini.

Konsumsi jamu masih didominasi oleh kalangan usia senior, dimana saat ini konsumsi jamu oleh masyarakat Indonesia masih kalah dari konsumsi terhadap kopi. Jamu dinilai rasanya pahit, aromanya kurang sedap, dan penyajian yang kurang praktis menjadi alasan mengapa jamu kurang diminati kalangan muda.

Dengan mengusung tema “Saatnya Jamu Kembali Jaya”, Air Mancur sebagai salah satu produsen jamu terbaik di Indonesia, memperingati Hari Jamu Nasional dengan melakukan beberapa kegiatan melalui aktivitas digital dan kolaborasi dengan depot jamu, pedagang jamu keliling, hingga café jamu di Jakarta. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan ajakan untuk mengkonsumsi jamu khususnya di kalangan anak muda.

Air Mancur menggandeng Karen Nijsen sebagai salah satu selebriti muda untuk mengajak anak muda di Indonesia kembali mengenal dan mengkonsumsi jamu. Melalui peringatan Hari Jamu Nasional ini, diharapkan bisa memicu ide-ide baru untuk meningkatkan konsumsi jamu di Indonesia.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Air Mancur dalam rangka perayaan Hari Jamu Nasional 2021 mengutamakan pengenalan jamu baik dari segi manfaat untuk kesehatan hingga jamu sebagai peluang usaha," kata Damayanti sebagai Marketing Manager Air Mancur dalam rilisnya, Kamis (1/7).

Kegiatan dimulai dari Talkshow dan Workshop melalui kanal Live Instagram yang merupakan kerjasama antara Air Mancur dan Café Jamune dengan mengambil tema Meracik Jamu Modern ala Café. Selain itu, kegiatan lainnya yang dijalankan adalah kontes Instagram #MbokJamuAirMancurChallenge.

Kontes Instagram ini mengajak millenial untuk membuat konten video cosplay menjadi penjual jamu. Harapannya komunikasi melalui konten daring ini bisa meningkatkan awareness generasi muda akan jamu.

Air Mancur akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan & minat masyarakat, terutama generasi muda agar rajin mengkonsumsi jamu. Selain untuk meningkatkan kesehatan, sekaligus juga menjaga warisan budaya asli Indonesia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement