Jumat 02 Jul 2021 06:10 WIB

St Petersburg Berjuang Redam Covid Jelang 8 Besar Euro

Laga Swiss vs Spanyol akan digelar di Stadion Krestovsky, St Petersburg.

Stadion Krestovsky, St Petersburg, Rusia, tempat digelarnya laga 8 besar atau perempat final Euro 2020 antara Swiss vs Spanyol.
Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Stadion Krestovsky, St Petersburg, Rusia, tempat digelarnya laga 8 besar atau perempat final Euro 2020 antara Swiss vs Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jajaran dokter di Saint Petersburg berjuang meredam jumlah korban jiwa Covid-19 yang melonjak, jelang laga delapan besar atau perempat final Euro 2020 di kota terbesar kedua Rusia itu. Laga Swiss kontra Spanyol akan digelar di Stadion Krestovsky, St Petersburg, pada Jumat (2/7) pukul 23.00 WIB.

Angka kematian akibat Covid-19 di St Petersburg mencapai lebih dari 100 orang per hari sepekan terakhir. Padahal otoritas setempat mengetatkan protokol kesehatan, termasuk jam operasional restoran yang hanya diizinkan buka pukul 18.00 s.d. 02.00 serta pembatasan jumlah orang yang dibolehkan menghadiri acara publik.

Baca Juga

Kapasitas penonton di Stadion Krestovsky juga dibatasi hanya 50 persen dan suporter diwajibkan selalu mengenakan masker. Namun kasus Covid-19 tetap melonjak sebagaimana terjadi di seluruh Rusia yang menurut otoritas dikarenakan varian Delta serta rendahnya tingkat vaksinasi.

Walau demikian. kerumunan suporter besar kemungkinan akan kembali terjadi ketika Swiss meladeni Spanyol dan para pekerja medis di zona merah menyadari risiko yang mengancam. "Sebagai dokter saya tentu menolak penyelenggaraan ajang-ajang berpotensi kerumunan besar," kata Alexei Dmitriev yang mengenakan APD lengkap di Rumah Sakit Mariinskaya sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (1/7).

"Tentu saja kami bersiap menghadapi lonjakan pasien lagi setelah ajang yang melibatkan massa dalam jumlah besar ini," ujarnya menambahkan.

WHO sebelumnya pada Kamis (1/7) sempat menurunkan laporan peningkatan kasus Covid-19 di Eropa yang mencapai 10 persen akibat kerumunan Euro 2020 serta pelonggaran perjalanan berbagai negara. Sedangkan UEFA menegaskan mereka sudah menyelenggarakan Euro 2020 sesuai dengan arahan otoritas kesehatan lokal.

Sejumlah suporter Finlandia, yang dua pertandingan Euro 2020 mereka dimainkan di St Petersburg, pulang ke negaranya menambah lonjakan kasus Covid-19.

Sementara itu di beberapa rumah sakit St Petersburg, pasien membutuhkan alat bantu pernapasan dan dokter terus mengawasi fungsi paru-paru mereka sembari menyiapkan tabung oksigen. Gejala pasien beragam dalam lonjakan kasus Covid-19 kali ini, kata Dmitriev. Para pasien merasakan gejala gangguan pernapasan kendati paru-parunya tidak terkena parah dan rentang usia infeksi juga semakin muda.

Salah seorang pekerja medis lainnya mengaku kaget ketika menuntaskan jam kerjanya di zona merah dan tiba di kota, yang nyaris tanpa ada pembatasan. "Orang-orang berkumpul, memeluk satu sama lain. Sepertinya ada dua kehidupan di Saint Petersburg. Rasanya sudah ada kesempatan untuk mencegah apa yang sekarang terjadi," kata kepala perawat Alla Vitlayevna.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement