Jumat 02 Jul 2021 05:18 WIB

Xherdan Shaqiri Yakin Swiss Mampu Beri Perlawanan ke Spanyol

Swiss menyingkirkan Prancis di babak 16 besar.

Pemain Swiss  Xherdan Shaqiri.
Foto: Ozan Kose/Pool via AP
Pemain Swiss Xherdan Shaqiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang serang tim nasional Swiss Xherdan Shaqiri meyakini ia dan rekan-rekannya mampu memberi perlawanan kontra Spanyol dalam laga perempat final Euro 2020 di Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7). Swiss tiba di perempat final dengan menciptakan salah satu kejutan terbesar Euro 2020, yakni menyingkirkan Prancis yang berstatus juara dunia.

Sempat tertinggal 1-3, Swiss yang tidak diunggulkan mampu menyamakan kedudukan secara dramatis 3-3 sebelum mendepak Prancis lewat adu penalti. Kemenangan itu membuat Swiss melaju ke perempat final melawan Spanyol, di mana mereka sekali lagi berada dalam status nonunggulan.

Baca Juga

"Kami sudah berkali-kali membuktikan mampu mencetak gol melawan tim-tim hebat. Kami akan berusaha melakukan hal yang sama, dengan memberi perlawanan kontra Spanyol," kata Shaqiri dilansir Reuters, Kamis (1/7).

Shaqiri merupakan sosok krusial yang membuka jalan Swiss ke babak 16 besar sebelumnya. Dwigol dikemasnya saat menundukkan Turki 3-1 dalam laga pemungkas Grup A.

Pemain Liverpool itu kontribusinya sedikit berkurang ketika menghadapi Prancis. Ia ditarik keluar pada menit ke-73 digantikan Mario Gavranovic yang kemudian jadi pencetak gol dramatis penyama kedudukan di pengujung waktu normal.

"Jika kami bisa bermain di batas optimal kami seperti melawan Prancis, segalanya bisa terjadi. Tidak peduli saya mencetak gol atau tidak, yang terpenting adalah berusaha membantu tim," kata Shaqiri.

Bila kembali mampu menciptakan kejutan dan menyingkirkan Spanyol, Swiss akan menghadapi Belgia atau Italia di laga semifinal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement