Jumat 02 Jul 2021 01:52 WIB

Belanda akan Kirim 3 Juta Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Tak hanya Belanda, Jepang telah mengirim ratusan ribu vaksin ke Indonesia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan Belanda berkomitmen untuk memberikan bantuan 3 juta vaksin Covid-19.
Foto: UN Watch
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan Belanda berkomitmen untuk memberikan bantuan 3 juta vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda berkomitmen untuk memberikan bantuan 3 juta vaksin Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi usai bertemu Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag.

"Di dalam pembicaraan saya dengan Menlu Belanda, salah satu hasil yang  konkret adalah keputusan Pemerintah Belanda untuk memberikan bantuan  vaksin ke Indonesia sebesar 3 juta vaksin jadi. Pengirimannya akan dilakukan secepatnya," ujar Retno dalam press briefing, Kamis (1/7).

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Retno juga menjajaki kemungkinan kerja sama yang serupa untuk obat-obatan terapeutik. Terkait dengan diplomasi vaksin, Retno mengatakan, Jepang telah mengirim 998.400 dosis vaksin yang tiba pada Kamis ini di Jakarta. Jepang akan mengirimkan vaksin tambahan dalam waktu dekat.

"Pengiriman kloter kedua menurut rencana dan informasi dari Jepang, akan menyusul kemudian dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujar Retno.

Selain itu, Retno mengatakan, Inggris juga berkomitmen untuk memberikan bantuan vaksin. Namun detail dan waktu pengirimannya sedang dibahas lebih lanjut.

Sementara itu, Amerika Serikat berkomitmen memberikan bantuan 3 juta dosis vaksin Moderna. Retno mengatakan, BPOM sedang memproses  izin penggunaan vaksin Moderna di Indonesia.

"Pemberian emergency use authorization sedang dalam proses oleh BPOM," kata Retno. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement