Jumat 02 Jul 2021 01:12 WIB

Kroos Pertimbangkan Akhiri Kiprah Bersama Die Mannschaft

Kroos sudah berpikir pensiun dari timnas Jerman sebelum putaran final Euro 2020.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Toni Kroos dari timnas Jerman bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Euro 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, 29 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Toni Kroos dari timnas Jerman bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Euro 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, 29 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mengakhiri kiprahnya bersama timnas Jerman. Keputusan ini menyusul kegagalan Die Mannshcaft di gelaran Euro 2020 usai disingkirkan Inggris di babak 16 besar, awal pekan ini.

Dalam laga tersebut, Die Mannschaft menyerah, 0-2, lewat gol yang masing-masing dicetak Raheem Sterling dan Harry Kane. Hanya mampu melangkah hingga babak 16 besar di gelaran Euro 2020, Jerman pun dinilai belum sepenuhnya bisa bangkit setelah tersingkir dari fase penyisihan grup di putaran final Piala Dunia 2018.

Gelaran Euro 2020 dipastikan menjadi turnamen terakhir Joachim Loew sebagai pelatih Die Mannshcaft. Mantan pelatih Bayern Muenchen, Hansi Flick, sudah disiapkan untuk menjadi pengganti Loew.

Namun, Loew sepertinya bukan satu-satunya sosok yang bakal mengakhiri kiprah bersama Die Mannshcaft. Kross, yang melakoni debut bersama tim senior Die Mannscahft dalam usia 20 tahun pada 2010 silam, dikabarkan berniat pensiun dari timnas Jerman.

Gelandang berusia 31 tahun itu telah mengoleksi 106 caps, menyumbang 17 gol, dan 19 assist buat Die Mannshcaft. Mantan gelandang Bayern Muenchen itu tercatat telah tampil di tiga gelaran Piala Dunia dan tiga turnamen Piala Eropa. Selama memperkuat Jerman di Piala Eropa, finis di babak 16 besar menjadi prestasi terburuk Kroos.

Di dua edisi sebelumnya, tepatnya pada Euro 2012 dan 2016, Kroos berhasil mengantarkan Jerman melangkah hingga ke babak semifinal. Raihan gelar juara Piala Dunia 2014 tercatat menjadi prestasi terbaik Kroos selama mengenakan seragam Die Mannschaft.

''Sebenarnya, Kroos sudah berpikir untuk pensiun dari timnas Jerman sebelum putaran final Euro 2020. Namun, dengan tersingkirnya Jerman di babak 16 besar, Kroos kembali mempertimbangkan untuk mundur dari timnas Jerman,'' tulis laporan Bild seperti dilansir 90min, Kamis (1/7).

Kendati begitu, Kroos bukan satu-satunya penggawa di timnas Jerman yang berpikir untuk pensiun dari Die Mannschaft. Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, juga disebut-sebut tengah bersiap untuk mengambil keputusan mundur dari timnas Jerman.

Kendati tampil impresif bersama City pada musim lalu, Gundogan terbukti gagal membawa Die Mannshcaft meraih prestasi maksimal di Euro 2020. Tidak berhenti sampai di situ, Thomas Mueller dan Mats Hummels juga dilaporkan berniat mundur dari timnas Jerman.

Sebenarnya, pasca-gelaran Piala Dunia 2018, Mueller dan Hummels sudah tidak dipanggil lagi oleh Loew. Namun, menilik performa apik keduanya pada musim lalu, Loew akhirnya kembali menyertakan Mueller dan Hummels di skuad Jerman pada gelaran Euro 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement