Kamis 01 Jul 2021 20:10 WIB

Thailand Siap Buka Objek Wisata Phuket untuk Turis Asing

Thailand berencana membuka Phuket untuk turis asing yang sudah divaksin Covid-19

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Pula Koh Phi Phi di Phuket, Thailand.
Foto: Flickr
Pula Koh Phi Phi di Phuket, Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK – Thailand berencana membuka kembali objek wisata populernya, Phuket, untuk turis asing yang telah divaksinasi penuh Covid-19, Kamis (1/7). Namun para pelancong harus berasal dari negara-negara berisiko rendah.

Turis asing harus memberikan bukti dua vaksinasi Covid-19, hasil tes PCR dengan keterangan negatif tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dan bukti polis asuransi yang mencakup perawatan untuk Covid-19 setidaknya 100 ribu dolar AS. Setibanya di Phuket, mereka harus mengikuti peraturan mengenakan masker dan menjaga jarak. Para pelancong mancanegara itu pun diharuskan melakukan tiga tes Covid-19 dengan biaya mandiri dan menunjukkan hasil tes negatif.

Baca Juga

Thailand masih menyaksikan lonjakan kasus Covid-19. Kendati demikian, angka infeksi di Phuket sangat rendah. Setiap harinya hanya tercatat satu digit kasus baru. Selain itu, 70 persen penduduk di Phuket sudah divaksinasi lengkap.

Pemerintah Thailand bertaruh para turis asing akan bersedia mematuhi peraturan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 demi bisa berlibur ke pantai di Phuket. Namun bar dan klub di sana akan tetap ditutup.

Kendati demikian, Pemerintah Thailand masih menghadapi pertanyaan tentang apakah tak terlalu dini membuka pintu untuk turis atau pelancong asing. Sebab, tidak bisa diprediksi apakah jumlah turis yang datang dapat dikendalikan.

Sebelum pandemi, sektor pariwisata menyumbang sekitar 20 persen dari ekonomi Thailand. Dari jumlah tersebut, 95 persennya bersumber dari Phuket. Pulau resor di lepas pantai selatan itu dikunjungi kurang dari setengah juta pengunjung dalam lima bulan pertama tahun ini. Dari jumlah tersebut hampir tidak ada turis asing.

Jumlah itu sangat timpang jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni mencapai tiga juta pengunjung. Dua juta di antaranya adalah turis asing.

Pada periode yang sama tahun lalu, hampir tidak ada turis asing yang mengunjungi Phuket. Sejauh ini Thailand sudah melaporkan 259 ribu kasus Covid-19 dengan korban meninggal 2.023 jiwa.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement