Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Cerita Unik di Balik Sejumlah Nama Mobil

Kamis 01 Jul 2021 19:00 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Mobil Ford Mustang GT 1968 yang ikonik dan sempat dikendarai Steve McQueen dalam film

Mobil Ford Mustang GT 1968 yang ikonik dan sempat dikendarai Steve McQueen dalam film

Foto: CBS Youtube
Nama dari sebuah produk juga cukup menentukan masa depan dari produk tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY--Bagi sebuah pabrikan otomotif, kesuksesan sebuah produk tak hanya ditentukan oleh terobosan dan kualitas yang disajikan oleh produk tersebut. Rupanya, nama dari sebuah produk juga cukup menentukan masa depan dari produk tersebut.

Oleh karena itu, setiap produk yang diluncurkan harus hadir dalam nama yang unik, kuat dan merepresentasikan karakter dari mobil itu. Dilansir dari Car Advice pada Kamis (1/7), salah satu nama yang cukup kuat hadir dari produk Ford Mustang.

Baca Juga

Seperti logonya, produk ini dihadirkan seperti kuda liar yang berkeliaran di padang rumput Amerika. Hal ini pun menjadi nama yang cukup kuat karena mobil ini juga memiliki karakter tenaga yang powerfull yang dihadirkan untuk meramaikan jalanan di Amerika.

Selanjutnya, nama produk lain yang juga unik dan kuat berasal dari Dodge Viper. Saat itu, Dodge sedang mengembangkan sebuah produk untuk memberikan perlawanan bagi Shelby Cobra.

Kemudian, desainer Dodge menggelar makan malam dengan seorang desainer Italia bernama Giorgetto Giugiaro. Dalam casual dinner tersebut, desainer Dodge mendapat masukan nama "Vipera" untuk produk yang tengah dikembangkan oleh Dodge.

Nama "Vipera" sendiri merupakan bahasa Italia untuk ular berbisa. Dari sinilai kemudian Dodge menyematkan nama Viper untuk produk tersebut.

Nah, berikutnya, cerita unik juga berasala dari Volkswagen (VW) Beetle. Karena, tadinya, produk itu dihadirkan dengan nama P1.

Nama beetle rupanya datang dari salah satu pemilik dealer VW di Inggris bernama John Colborne. Pada tahun 50-a, John Colborne menggunakan mobil VW P1 sebagai kendaraan pribadinya.

Kemudian, teman dari anaknya melihat mobil tersebut dan melihat mobil itu seperti kumbang. Dari situlah, John Colborne menggunakan nama Beetle pada brosur VW P1.

Melihat penerimaan pasar yang cukup baik terhadap nama itu, baru kemudian VW resmi mengganti nama P1 menjadi Beetle pada 1968.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA