Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Investasi dengan Uang Rp 20 Ribu, Bisa Dapat Untung Berapa?

Ahad 04 Jul 2021 06:30 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Investasi dengan Uang Rp 20 Ribu, Bisa Dapat Untung Berapa?
Punya uang Rp 20 ribu jangan cuma buat jajan

Zaman sekarang, uang Rp 20 ribu seperti tidak ada artinya. Padahal dengan duit segitu, masih bisa buat jajan, seperti beli gorengan, minuman kekinian, dan lainnya.

Itu kalau kamu gunakan untuk konsumtif. Uang tidak menghasilkan apapun. Habis begitu saja. Bila setiap hari kamu jajan sebesar Rp 20 ribu, dalam sebulan sudah Rp 600 ribu. 

Coba dipakai investasi. Duit receh Rp 20 ribu bisa beranak pinak jadi ratusan ribu, bahkan jutaan ruipiah. Lebih bermanfaat bukan?

Memangnya ada investasi dengan modal Rp 20 ribu? Ada banget. Tak percaya, Cermati.com bakal ngasih ulasannya.

Baca Juga: Investasi Ini Paling Pas Buat Generasi Sandwich, Dijamin Anti Stres

 

1. Reksadana online di klikMAMI

Reksadana dikenal sebagai instrumen investasi menguntungkan yang dapat disuntik dengan modal kecil. Ya, mulai dari Rp 10 ribu saja.

Pantas kalau investasi reksadana sangat cocok untuk pemula. Salah satunya menjadi investor reksadana produk Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).

Kamu dapat investasi di Reksadana Manulife mulai dari Rp 10 ribu melalui klikMAMI. Situs transaksi online Reksadana Manulife yang bisa diakses dari gadget.  

Lewat klikMAMI, kamu bisa daftar jadi investor dengan membuka rekening. Selanjutnya dapat bertransaksi, seperti pembelian, pengalihan, dan pencairan reksadana.

Selain itu, dapat pula memantau transaksi, perkembangan reksadana kamu, dan memperbarui datanya. Pilih jenis reksadana yang sesuai dengan profil risikomu agar lebih nyaman dalam berinvestasi.

2. BukaReksa dari Bukalapak

reksadana
Tampilan BukaReksa di Bukalapak

Marketplace Bukalapak menyediakan fitur BukaReksa sebagai wadah jual beli beragam produk reksadana. Kegiatan usaha ini diawasi oleh OJK.

Kalau mau investasi reksadana di BukaReksa, kamu harus memiliki akun Bukalapak dengan alamat email dan nomor ponsel yang sudah terverifikasi di sistem Bukalapak dan Agen Penjual Efek Reksadana (APERD).

Modal investasi reksadana di BukaReksa mulai dari Rp 10 ribu. Proses pembelian reksadana online ini dapat dilakukan kapan saja tanpa kena biaya transaksi.

Bukalapak atau BukaReksa menawarkan berbagai jenis reksadana yang dirilis manajer investasi. Mulai dari risiko terendah hingga tertinggi.

3. Reksadana Tokopedia

reksadana
Reksadana di Tokopedia

Toppers kini bisa menjelajah aplikasi Tokopedia lebih dalam, bukan sekadar belanja online. Kamu dapat investasi reksadana dengan setoran mulai dari Rp 10 ribu. 

Reksadana online dari marketplace tersebut memberi imbal hasil hingga 6% per tahun. Bebas pajak pula.

Tokopedia Reksadana menggandeng Syailendra Capital sebagai manajer investasi dan Bareksa sebagai APERD. Investasi ini diawasi OJK, jadi aman sekali

Jika sudah punya akun Tokopedia, langsung saja daftar Tokopedia Reksadana secara online untuk mulai investasi. Prosesnya cuma makan waktu 5 menit.

Baca Juga: 7 Tips Cerdas Menjadi Lender Sukses

4. Tokopedia Emas

Emas
Tokopedia Emas jadi wadah investasi emas online

Di situs belanja Tokopedia, kamu juga bisa investasi emas online. Modalnya mulai dari Rp 5 ribu. Murah banget kan?

Walaupun transaksinya online, tetapi ada fisik emasnya. Setiap gram emas yang kamu beli di aplikasi Tokopedia, akan dikonversi menjadi bentuk fisik. Emas ini dititipkan di Pegadaian.

Jadi jangan takut, aman dan terpercaya karena Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut di awasi OJK.

Menariknya di Tokopedia Emas, ada tiga level membership. Semakin tinggi level yang dimiliki, makin banyak keuntungan. Dan bisa upgrade pula.

Level Membership Gold Club

  • Miliki tabungan emas hingga 1 gram
  • Jual beli hingga 10 gram per bulan
  • Tanpa syarat dan dokumen apapun.

Level Membership Gold Prime

  • Miliki tabungan emas hingga 10 gram
  • Jual beli hingga 10 gram per bulan
  • Bebas berlangganan emas
  • Syaratnya verifikasi online identitas dan KTP

Level Membership Gold Prestige

  • Bebas menabung emas tanpa batas
  • Jual beli tanpa batas transaksi bulanan
  • Bebas berlangganan dan kirim kado emas
  • Syaratnya harus registrasi atau daftar diri di outlet Pegadaian.

5. BukaEmas 

Emas
BukaEmas, fitur investasi emas online dari Bukalapak

Layanan BukaEmas dari Bukalapak bisa dibilang saingannya Tokopedia Emas. Investasi emas di sini mulai dari 100-an perak saja atau 0,0001 gram.

Emas logam mulia yang ditawarkan memiliki kadar kemurnian 99,99% dari ANTAM dan tersertifikasi LBMA (London Bullion Market Associaton).

Emas disimpan di brankas ANTAM dan dapat ditarik secara fisik bila saldo emas sudah mencapai 1 gram.

Baca Juga: Perencanaan Keuangan di Umur 40 Tahun, Kamu Sudah Belum?

Investasi Rp 20 Ribu/Hari Jadi Jutaan

Uang
Disiplin menyisihkan Rp 20 ribu per hari bisa bertumbuh jadi jutaan rupiah

Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit. Itulah filosofinya. Disiplin menyisihkan uang Rp 20 ribu per hari, bisa berkembang biak menjadi jutaan rupiah.

Mengutip simulasi perhitungan investasi dari laman resmi Bank OCBC NISP:

  • Mengalokasikan Rp 20 ribu per hari atau Rp 400 ribu per bulan (20 hari kerja)
  • Asumsi imbal hasil reksadana saham sebesar 11,87% per tahun berdasarkan kinerja Schroder Dana Prestasi (Mei 2005-Mei 2020)
  • Maka dalam 10 tahun, investasimu akan bertumbuh menjadi Rp 91.316.326. Jumlahnya semakin besar bila jangka waktu investasi selama 20 tahun, senilai Rp 388.841.044.
  • Jika uang disimpan di tabungan berjangka dengan asumsi bunga 4% per tahun, nilai investasimu sebesar Rp 58.899.922 selama 10 tahun dan Rp 146.709.850 dalam waktu 20 tahun.

Lebih Cepat, Lebih Baik

Berapapun besar uang yang kamu sisihkan untuk investasi pasti akan sangat bermanfaat. Hasilnya bakal lebih maksimal bila investasi dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, mulai investasi dari sekarang. Mumpung masih muda, produktif, dan punya penghasilan. Jangan tunggu tua agar tak menyesal nantinya.

Baca Juga: Investasi Saham Aktif vs Saham Pasif, Ini Bedanya

 

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/investasi-dengan-uang-rp-20-ribu-bisa-dapat-untung-berapa
Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA