Southgate: Perkembangan Raheem Sterling Sangat Pesat

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Striker timnas Inggris Raheem Sterling.
Striker timnas Inggris Raheem Sterling. Foto: EPA-EFE/John Sibley
Sterling menjadi top skorer skuad Inggris di Euro 2020 dengan mencetak tiga gol.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mengakui, Raheem Sterling menunjukkan perkembangan yang begitu pesat, terutama dalam aspek pergerakan di kotak penalti lawan dan insting mencetak gol. Peningkatan kemampuan winger Manchester City itu pun terlihat di sepanjang kiprah the Three Lions di Euro 2020.

Winger berusia 26 tahun itu menjadi top skorer the Three Lions di pentas Euro 2020 dengan torehan tiga gol di empat laga. Setelah mencetak gol semata wayang Inggris di laga kontra Kroasia dan Republik Ceska, Sterling membuka keunggulan Inggris kala membungkam Jerman, 2-0, di babak 16 besar, awal pekan ini.

Sterling pun tercatat mampu mengemas 15 gol dalam 20 kesempatan terakhir mengenakan seragam timnas Inggris di semua ajang. Catatan gol mantan winger Liverpool ini meningkat drastis setelah gagal mencetak gol di 27 caps sebelumnya bersama the Three Lions.

Soutgate pun memuji kegigihan Sterling dalam mencetak gol. Secara khusus, mantan pelatih Middlesbrough itu mengakui, Sterling mengalami peningkatan pesat dalam kemampuan mencetak gol dalam beberapa tahun terakhir.

''Dia adalah pemain petarung. Dia memiliki kegigihan dan rasa lapar akan gol yang luar baisa. Dalam beberapa tahun terakhir, dia berkembang sangat pesat, terutama dalam keinginan mencetak gol,'' ujar Southgate seperti dilansir BBC, Kamis (1/7).

Tidak hanya itu, Southgate juga menyebut, gaya permainan Sterling terus berkembang. Selain mengandalkan kecepatan sebagai winger, Sterling juga dinilai sudah piawai dalam mencari celah di kotak pertahanan lawan.

Jebolan tim junior Liverpool itu tidak ragu untuk menyambut umpan crossing ataupun umpan tarik di dalam kotak penalti. Torehan tiga gol Sterling di Euro 2020 ini pun seolah menjawab kritik yang dialamatkan pada dirinya jelang gelaran putaran final Euro 2020.

Pada akhir musim lalu, Sterling memang tersingkir dari tim inti Manchester City. Bahkan, dari 13 laga terakhir the Citizens di pentas Liga Primer Inggris, Sterling hanya tampil di delapan laga dan menyumbang satu gol.

Southgate menilai, berbagai kritikan itu justru membuat Sterling kian terpacu untuk bisa tampil maksimal di setiap laga bersama the Three Lions.

''Bisa mencetak gol di Stadion Wembley tentu memiliki arti spesial buat dia. Performa Sterling sangat luar biasa. Ini mungkin tidak terlepas dari berbagai cibiran atau kritik terhadapnya. Apabila kami tidak bisa memberikannya motivasi tambahan, mungkin orang lain bisa memberikan motivasi buatnya,'' kata Southgate.

Terkait


Xherdan Shaqiri dari Swiss berselebrasi usai mencetak gol bagi timnya pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol, di Stadion Saint Petersburg di Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7).

Kalah Adu Penalti, Shaqiri Tetap Bangga pada Timnas Swiss

Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Belgia pada laga perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 di Allianz Arena di Muenchen, Jerman, Sabtu (3/7) dini hari WIB.

Tekuk Belgia 2-1, Italia Melaju ke Semifinal

Nicolo Barella dari Italia (kiri) dan Federico Chiesa dari Italia merayakan gol pembuka pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belgia dan Italia di Stadion Allianz Arena di Muechen, Jerman, Sabtu (3/7) dini hari WIB.

Babak Pertama, Italia Ungguli Belgia 2-1

Pelatih Spanyol Luis Enrique berbicara dengan Mikel Oyarzabal sebelum dimulainya adu penalti pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol, di Stadion Saint Petersburg di Saint Petersburg, Jumat (2/7).

Menang Adu Penalti Vs Swiss, Spanyol ke Semifinal

Xherdan Shaqiri dari Swiss melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol di Stadion Saint Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Jumat (2/7).

Swiss Tahan Spanyol 1-1, Lanjut Babak Perpanjangan Waktu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image