Kamis 01 Jul 2021 10:32 WIB

Jokowi: Akhir Tahun, 181,5 Juta Rakyat Sudah Divaksinasi

Jokowi memasang target sebanyak 181,5 juta rakyat Indonesia telah divaksinasi.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus mengejar target vaksinasi Covid-19. Vaksinasi masih menjadi salah satu cara pemerintah untuk menekan angka penularan virus corona dan menghentikan pandemi.

Terbaru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mematok target baru laju vaksinasi sebanyak 1 juta dosis per hari pada Juli dan 2 juta dosis per hari pada Agustus 2021. Hingga nanti akhir tahun, Jokowi memasang target sebanyak 181,5 juta rakyat Indonesia telah divaksinasi.

"Setidaknya untuk satu dosis suntikan," ujar Presiden Jokowi dalam unggahannya di media sosial, Kamis (1/7).

Pemerintah mencatat, realisasi vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah menyentuh angka 42 juta dosis hingga akhir Juni 2021. Dengan kedatangan 14 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac pada Rabu (30/6) kemarin, pemerintah menargerkan realisasi vaksinasi bisa menyentuh 34 juta dosis pada bulan Juli, 43,7 juta dosis pada Agustus, 53 juta dosis pada September, 84 juta dosis pada Oktober, 80,9 juta dosis pada November, dan 71,7 juta dosis pada Desember nanti.

"Dengan kerja keras dan bergotong-royong, target ini bukan sesuatu yang sulit asal vaksinnya ada," kata Jokowi.

Pemerintah juga terus mendatangkan pasokan vaksin Covid-19 dari kerja sama bilateral. Bulan ini dijadwalkan akan datang vaksin gratis dari Covax/GAVI, juga dari Astrazeneca. Sementara pada Agustus nanti akan datang vaksin produksi Pfizer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement