Kamis 01 Jul 2021 09:52 WIB

Kebelet BAB Usai Sarapan, Kenali Makanan Pencetusnya

Ada makanan dan minuman tertentu yang merangsang sistem pencernaan.

Para ahli menyarankan Anda tidak meleatkan sarapan karena sejumlah alasan kesehatan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Para ahli menyarankan Anda tidak meleatkan sarapan karena sejumlah alasan kesehatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering mulas usai sarapan membuat banyak orang enggan mengisi perut di pagi hari. Mereka pun akhirnya memilih melewatkan makan pagi.

Masalah tersebut sebetulnya dapat dihindari jika menu sarapannya tak merangsang perut. Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Juwalita Surapsari, mengatakan, ada sejumlah makanan dan minuman yang perlu Anda hindari saat sarapan agar tak langsung buang air besar (BAB).

Baca Juga

"Sarapan faktor kebiasaan juga, sehingga orang yang tidak terbiasa sarapan ada keluhan ingin BAB setelah sarapan," kata dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah - Pondok Indah itu kepada Antara melalui pesan elektroniknya, dikutip Kamis.

Juwalita menyebut, ada beberapa jenis makanan yang bisa dihindari supaya tidak langsung BAB setelah makan. Termasuk di antaranya ialah makanan dan minuman yang mengandung susu atau produk susu, seperti mentega, keju, dan yoghurt.

"Kopi juga bisa langsung menstimulasi saluran pencernaan dan akan membuat Anda ingin langsung BAB," ungkap Juwalita.

Selain itu, agar tak kebelet BAB usai sarapan, hindari pula makanan yang pedas dan asam. Lalu bagaimana dengan mi instan untuk sarapan?

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement