Kamis 01 Jul 2021 04:54 WIB

Nuno Espirito Santo Resmi Jadi Pelatih Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur mengumumkan pengangkatan Nuno pada Kamis (1/7) dini hari WIB.

Pelatih baru Tottenham Hotspur Nuno Espirito Santo.
Foto: AP/Michael Regan/POOL Getty
Pelatih baru Tottenham Hotspur Nuno Espirito Santo.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Setelah mendekati sejumlah kandidat, Tottenham Hotspur akhirnya resmi mendapatkan pelatih baru. Tottenham mengangkat Nuno Espirito Santo sebagai pelatih tim asal London tersebut dan diumumkan via media sosial mereka pada Kamis (1/7) dini hari WIB. 

Nuno meninggalkan Wolverhampton Wanderers pada akhir musim lalu. Ia melatih selama empat musim di mana mereka mencapai promosi ke Liga Primer Inggris pada 2018 setelah absen enam tahun. Nuno mempertahankan status mereka sebagai tim papan atas selama tiga musim. Sebelum menorehkan sejarah bersama Wolverhampton, Nuno pernah melatih Valencia dan Porto.

Baca Juga

“Ketika Anda memiliki skuad dengan kualitas dan bakat, kami ingin membuat para penggemar bangga dan menikmatinya,” katanya dalam sebuah pernyataan di situs resmi klub.

“Sebuah kesenangan dan kehormatan yang luar biasa (berada di sini). Ada kegembiraan, dan saya senang serta menantikan memulai bekerja di sini. Kami tidak punya waktu untuk melewatkan hari dan kami harus mulai bekerja segera karena pramusim dimulai dalam beberapa hari."

Spurs dikaitkan dengan serangkaian manajer sejak memecat Jose Mourinho pada April, enam hari sebelum kekalahan di final Piala Liga Inggris dari Manchester City. Posisi Mourinho kala itu digantikan Ryan Mason hingga akhir musim.

Manajemen tim mendekati pelatih asal Portugal Paulo Fonseca, mantan arsitek Inter Milan Antonio Conte, dan mantan pembesut Napoli Gennaro Gattuso. Mantan manajer Spurs Mauricio Pochettino juga masuk dalam daftar, tetapi ia menegaskan ingin membangun apa yang telah ia capai dengan klub Prancis itu dalam setengah musim sebelumnya.

Mantan pelatih Jerman dan Amerika Serikat Juergen Klinsmann juga mengatakan tertarik dengan posisi manajerial yang kosong dan bahkan telah menjalin kontak ketua klub Daniel Levy setelah Mourinho dipecat.

Mourinho, mantan bos Chelsea dan Manchester United, dikritik oleh para penggemar karena memainkan sepak bola yang membosankan yang membuat tim London itu turun dari puncak klasemen ke urutan ketujuh. Tottenham juga tersingkir dari Liga Europa.

Penunjukan Nuno dilakukan setelah Tottenham merekrut Fabio Paratici sebagai direktur sepak bola baru mereka awal bulan ini. Pria berusia 48 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai kepala sepak bola di Juventus selama 11 tahun.

"Pertama-tama, saya ingin menyambut Nuno ke klub. Kami ingin berterima kasih kepada para pendukung kami atas semua kesabaran mereka selama proses ini," kata Levy.

"Saya sudah berbicara tentang perlunya kembali ke DNA inti kami bermain sepak bola menyerang dan menghibur. Fabio dan saya percaya Nuno adalah orang yang dapat membawa kelompok pemain berbakat kami, merangkul pemain muda kami yang datang dan membangun sesuatu yang istimewa."

Tottenham memulai musim depan dengan menjamu juara bertahan Manchester City pada 15 Agustus. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement