Rabu 30 Jun 2021 20:18 WIB

Susy Susanti Ingin Tradisi Emas Olimpiade Dipertahankan

Susy menilai nomor ganda putra sebenarnya memiliki peluang lebih besar di Olimpiade

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Susy Susanti bersama Alan Budikusuma
Foto: istimewa
Susy Susanti bersama Alan Budikusuma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Legenda hidup bulu tangkis Indonesia yang juga peraih medali emas tunggal putri Olimpiade 1992 Seoul, Susy Susanti berharap Indonesia mampu mempertahankan tradisi emas di ajang Olimpiade.

Ia mengatakan saat ini secara peluang untuk meraih medali emas Olimpiade 2020 dari cabang bulu tangkis masih sangat terbuka bagi kontingen Indonesia.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, dimana jumlah pertandingan sangat terbatas. Membuat kita dan juga negara lainnya buta kekuatan lawan. Kalau sebelumnya kita bisa melihat dari pertandingan yang banyak diikuti jelang olimpiade, sekarang sangat terbatas,” kata Susy usai acara jumpa wartawan secara virtual, Kita Menang Bersama Astec di Jakarta, Rabu (30/6).

Susy menambahkan lagi saat semua negara kuat, termasuk Indonesia memiliki peluang, maka sangat wajar untuk tetap menggantungkan harapan yang besar kepada Olimpiade.

"Harapan saya dan juga harapan seluruh rakyat Indonesia bahwa tradisi emas Olimpiade ini harus bisa dipertahankan,” ujarnya

Kalau melihat sejumlah pertandingan sebelumnya, Susy menilai, nomor ganda putra sebenarnya memiliki peluang lebih besar untuk membawa pulang medali emas.

“Tetapi untuk nomor lainnya tetap berpeluang seperti ganda campuran yang tahun 2020 mampu juara di All England,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Susy juga menyampaikan rasa bangganya terhadap usaha yang dirintisnya bersama sang suami, Alan Budikusuma. Ia bangga karena saat ini Astec telah menjadi bagian dari sebuah usaha perlengkapan olahraga yang menaungi sejumlah merek ternama, PT MAP Aktif Adiperkasa.

"Tentu bangga sudah bisa bergabung dengan MAP. Ini adalah produk lokal pertama perlengkapan olahraga Indonesia yang berada di bawah naungan MAP,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Alan juga mengingatkan tentang pentingnya masa depan seorang atlet. Susy dan Alan telah membuktikan bahwa masa depan atlet setelah memasuki masa pensiun tetap bisa terjamin sekaligus mampu berpartisipasi dalam mengembangkan olahraga yang sudah membesarkan namanya.

“Kami hadir memberikan semangat #KitaMenangBersama agar mampu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 serta kesibukan aktifitas sehari-hari,” ujar Alan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement