Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Kiprah Singkat Matheus Fernandes Bersama Barcelona

Rabu 30 Jun 2021 15:34 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Matheus Fernandes.

Matheus Fernandes.

Foto: barcablaugranes.com
Fernandes tercatat hanya tampil di satu laga pada sepanjang musim lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona secara resmi memutuskan hubungan kerja sama dengan gelandang asal Brasil, Matheus Fernandes. Direkrut dengan banderol transfer sebesar tujuh juta euro, ditambah tiga juta euro untuk berbagai bonus, Fernandes hanya tampil selama 17 menit bersama tim utama Blaugrana.

Barcelona merekrut Fernandes dari Palmeiras pada Januari 2020. Namun, gelandang berusia 22 tahun itu tidak langsung bergabung bersama Blaugrana, melainkan hijrah ke Real Valladolid sebagai pemain pinjaman selama setengah musim.

Setelah masa peminjamannya di Valladolid berakhir pada awal musim lalu, Fernandes diikat dengan durasi kontrak selama lima tahun bersama Barcelona. Selama mengenakan seragam Valladolid, Fernandes hanya tampil di tiga laga.

Sementara di Barcelona, Fernandes tercatat hanya tampil di satu laga pada sepanjang musim lalu. Bahkan, Fernandes hanya merumput selama 17 menit, tepatnya saat tampil sebagai pemain pengganti di laga kontra Dinamo Kiev di pentas Liga Champions, pertengahan November tahun lalu.

Barcelona memutuskan untuk mengakhiri kontrak Fernandes pada bulan ini. Seharusnya, kontrak eks penggawa timnas Brasil U-20 itu bersama Barcelona berakhir pada Juni 2025.

''Barcelona sudah tidak membutuhkan tenaga dari Fernandes dan mengakhiri kontraknya, yang dia miliki hingga Juni 2025,'' tulis pernyataan resmi Barcelona, Rabu (30/7).

Sejumlah pihak menilai, keputusan manajemen Barcelona melepas Fernandes itu mencerminkan buruknya penilaian dan perumusan kebijakan transfer pemain Barcelona kala masih dipimpin oleh Joseph Maria Bartemou. Setelah mendapatkan berbagai tekanan, Bartemou akhirnya memutuskan mundur sebagai presiden Barcelona pada Oktober 2020.

Di tangan Joan Laporta, yang terpilih sebagai pengganti Bartemou, Barcelona pun langsung melakukan berbagai perubahan besar, termasuk dengan bersih-bersih di skuad utama Blaugrana. Fernandes tercatat menjadi pemain keempat yang telah dilepas Barcelona, bahkan sebelum bursa transfer musim panas resmi bergulir.

Sebelumnya, Barcelona telah melepas Jean-Clair Todibo ke Nice dan Juan Miranda ke Real Betis. Pun dengan keputusan Barcelona menerima pinangan Olimpique Marseille untuk merekrut Konrad de la Fuente.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA