Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rival Laosa

Pengalihan Isu atau Pembenaran Covid-19?

Politik | Wednesday, 30 Jun 2021, 10:43 WIB
Sumber Photo : desaign original by Rival Laosa

Pengalihan Isu ataupun pembenaran Covid-19 masih jadi perdebatan hangat di kalangan masyarakat. kita bisa lihat beberapa situasi Indonesia saat ini yang masih banyak problematika dari halnya kenegaraan yang menyangkut akan dinamika politik demokrasi serta problematika penyelesaian covid 19 yang belum berujung baikk.

Akhir-akhir ini Indonesia hangat akan isu-isu kenegaraan yang berkonteks politik, dari halnya masalah Lembaga independen pemberantasan Korupsi yaitu KPK yang seakan di lemahkan dengan di tidak lulus nya 75 anggota KPK dari tes Wawasan kebangsaan yang kontroversi.

Alih-alih negara sedang hangat akan masalah itu namun sekarang Indonesia juga di sibukan lagi dengan Covid-19 yang melonjak naik secara drastis karena Covid varian Baru Delta, varian ini di anggap berbahaya melebihi varian-varian sebelumnya yang sudah masuk di Indonesia.

Varian baru Delta ini di anggap lebih mematikan dengan beberapa gejala yang paling umum seperti demam, batuk kering, kelelahan dan juga gejala tidak umum seperti rasa tidak nyaman atau nyeri, nyeri tenggorokan, diare, konjungtivitis (mata merah), sakit kepala, hilangnya indra perasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki serta Gejala serius nya kesulitan bernapas atau sesak napas, nyeri dada atau rasa tertekan pada dada dan hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak.

Angka covid di Indonesia sekarang sudah mencapai sekitar 2 juta kasus dan sekitar 50 ribu kematian akibat Covid-19 ini, penuhnya rumah sakit dan juga wisma penampungan covid menandakan perkembangan covid yang sangat pesat. Isu-isu hangat pun berkembang di media seperti video penampakan pasien covid yang bertebaran di luar halaman rumah sakit, serta penyelesaian untuk covid yang di lakukan oleh pemerintah yaitu Vaksin masih banyak menimbulan perdebatan akan efektifitasnya.

Saat ini dengan melihat kondisi Indonesia sekarang yang sedang mengalami kondisi gawat darurat akan covid sudah semestinya kita sadar akan kebenaran covid namun dengan adanya pula problematika politik dari Lembaga negara sendiri yaitu KPK yang masih simpang siur kejelasannya Indonesia di hadapkan lagi oleh satu masalah yang tercipta dari 2 masalah. Antara pengalihan isu dengan adanya varian baru yang seakan berusaha menutupi isu tentang kebenaran KPK saat ini.

Hal ini menjadi sebuah problematika yang seharusnya sebagai masyarakat yang dewasa dalam bernegara sudah bisa menentukan kebijakan akan kebenaran yang seharusnya, kita tau Indonesia dengan permasalahan KPK ini sangat merugikan negara ini sendiri jika di biarkan seperti ini, namun kita juga tidak bisa menutup mata akan kebenaran Covid-19 ini. Jika kita terbuai akan isu-isu seperti itu dan akhirnya mengambil keputusan tanpa memperhitungkan ini semua maka kita tidak akan mendapatkan penyelesaiannya tetapi malah memperparah keadaan.

Kita tidak bisa juga tinggal diam akan situasi negeri ini, dilemahkan nya KPK harus bisa kita perjuangkan kebenarannya karena kita masyarakat Indonesia adalah unsur dari negara ini. Penalaran serta penyaringan informasi akan isu-isu yang ada harus di tingkatkan agar kita tidak terjerumus ke situasi yang merugikan kita.

Terapakan kebijakan dalam menanggapi suatu Isu-isu dan juga terapkan protocol Kesehatan agar covid-19 ini bisa diselesaikan dengan semestinya. Negara dengan Lembaga nya tidak boleh di lemahkan maka dengan itu kita harus menegakannya serta negara ini tidak bisa juga hanya berdiam diri dan hanya terpaku dalam menangani Covid-19 maka kita harus bisa lebih menyadarkan diri kita agar penyelesaian dari Covid-19 ini mendapatkan jalan keluarnya dengan kesadaran bersamaan.

Dengan ini kita bisa menyimpulkan bahwa Indonesia dengan permasalahan lembaganya harus bisa di selesaikan sesuai jalan kebenarannya serta penanganan Covid-19 kita harus bekerja sama dalam kesadaran untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini dan juga harus menyelesaikan masalah ini secepatnya agar keadaan negeri ini Kembali seperti semua dan semua tatanan kembalii membaik.

Suara-suara kebenaran harus di tegakan Kembali dan juga kesadaran akan kebenaran yang terjadi saat ini harus di sadarkan. Indonesia harus bisa menyesuaikan diri dengan problematika yang bersebrangan ini, jangan mempalingkan mata akan situasi Indonesia saat ini dalam konteks Kesehatan Bersama serta jangan tinggal diam dengan situasi politik negara ini.

angka kematian serta situasi yang kita lihat sekarang ini sudah bisa membuka kesadaran kita akan situasi indonesia saat ini. Covid-19 dengan varian delta sudah jelas akan efeknya yang sangat berbahaya jika kita sadar maka dari itu kita perlu meningkatkan kesadaran bersama dalam menerapkan protocol Kesehatan, serta dengan problematika Lembaga negara ini kita tidak boleh tinggal diam tetapi harus dengan bijaksana dalam menanggapi hal ini.

Oleh : Rival Laosa

Mahasiswa Ilmu Politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kader IMM FISIP UMJ

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image