Rabu 30 Jun 2021 14:20 WIB

Singapura Perpendek Interval Suntikan Vaksin Covid-19

Interval antara dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19 menjadi empat minggu.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Vaksin. Ilustrasi
Foto: Prayogi/Republika.
Vaksin. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Pemerintah Singapura memutuskan memperpendek interval antara dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19 menjadi empat minggu. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya memastikan lebih banyak populasi akan divaksinasi lengkap lebih awal. 

Sebelumnya, interval minimum adalah enam hingga delapan pekan. Langkah ini berlaku untuk vaksin Pfizer-BioNTech atau Comirnaty dan Moderna. 

Baca Juga

"Semua individu yang memenuhi syarat yang membuat janji vaksinasi mereka mulai Selasa dan seterusnya akan dapat menjadwalkan janji dosis pertama dan kedua mereka terpisah empat minggu," tulis Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dalam siaran pers yang dilansir dari CNA pada Rabu (30/6).

MOH menyampaikan, mereka yang telah menerima suntikan pertama dan memiliki janji suntikan kedua yang saat ini dijadwalkan selama enam hingga delapan minggu ke depan dapat menjadwalkan ulang vaksinasi kedua.

Penduduk tetap dan pemegang izin jangka panjang di Singapura yang berusia 12 hingga 39 tahun juga dapat divaksinasi pada 30 Juni atau lebih awal dari yang diumumkan sebelumnya pada 2 Juli. Hal ini disebabkan oleh penerimaan vaksinasi yang stabil oleh warga Singapura dan pendaftaran baru dari warga berusia 12 hingga 39 tahun berkurang, kata Depkes. 

"Ini akan membantu mempertahankan momentum vaksinasi dan memanfaatkan kapasitas pengiriman kami dengan lebih baik," kata kementerian itu. 

Individu dapat mendaftarkan untuk divaksin secara online melalui vaksin.gov.sg. Setelah mendaftar, mereka akan diundang untuk memesan janji temu mereka melalui SMS dengan tautan pemesanan pribadi yang dikirim ke nomor ponsel yang mereka daftarkan. Mereka dapat memesan dua janji temu, terpisah empat minggu, mulai 30 Juni dan seterusnya. 

Dari data MOH, pada 28 Juni, lebih dari 5,3 juta dosis vaksin Covid-19 telah diberikan. Sekitar 3,3 juta orang atau 60 persen dari populasi Singapura telah menerima setidaknya dosis pertama vaksin. Sebanyak 2,1 juta orang telah menerima dosis kedua dan menyelesaikan rejimen vaksinasi lengkap.

"Tingkat penerimaan telah menggembirakan," tulis MOH.

Pada 28 Juni, sekitar 76 persen manula berusia 60 tahun ke atas yang memenuhi syarat, 78 persen orang yang memenuhi syarat berusia 45 hingga 59 tahun, serta 73 persen orang yang memenuhi syarat berusia 40 hingga 44 tahun telah menerima vaksinasi Covid-19 atau memesan janji vaksinasi. Hampir 80 persen warga Singapura berusia 12 hingga 39 tahun, termasuk siswa Kementerian Pendidikan, telah menerima vaksinasi atau memesan janji temu. Sejak 24 Juni, sekitar 50 ribu orang telah mengajukan tanggal janji temu mereka untuk dosis pertama mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement