Rabu 30 Jun 2021 14:09 WIB

Wapres Minta Vaksinasi di Daerah Selaras dengan Pusat

Vaksinasi 1 juta per hari secara bertahap akan ditingkatkan jadi 2 juta per hari.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
 Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Dok KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar program vaksinasi di daerah selaras dengan program vaksinasi nasional. Wapres mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mempercepat penambahan angka vaksinasi demi target kekebalan komunitas bisa tercapai.

Pemerintah kata Ma'ruf, saat ini menargetkan vaksinasi 1 juta per hari dan secara bertahap akan ditingkatkan hingga 2 juta per hari. "Untuk mencapai target tersebut, program vaksinasi di daerah harus selaras dengan program vaksinasi nasional," kata Ma'ruf saat hadir secara virtual di acara Vaksinasi Massal Tahap II kerjasama Yayasan Dewa Dewi Indonesia, Traveloka dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Rabu (30/6).

Baca Juga

Ma'ruf mendorong pelaksanaan vaksinasi massal seperti di Tangerang selatan dengan target lansia, tenaga pendidik, dan penyandang disabilita ini terus dilakukan dengan kolaborasi pemerintah, swasta dan masyarakat. Bahkan, kata Ma'ruf vaksinasi massal ini diharapkan terus diperluas.

Khususnya pada wilayah sentra vaksinasi lainnya di sekitar daerah penyangga Ibu Kota Jakarta dan juga pada daerah-daerah yang masih rendah cakupan vaksinasinya. "Semoga program ini bisa dicontoh dan mendorong lembaga lain untuk bersama-sama mengambil bagian dalam penanganan pandemi Covid-19 khususnya, sehingga kecepatan kita mengejar vaksinasi satu hingga dua juta per hari dapat tercapai sehingga kekebalan komunal Indonesia dapat segera terwujud," katanya.

Ma'ruf menambahkan, khusus Kota Tangerang Selatan, untuk mencapai herd immunity vaksinasi harus mencapai sekitar 800 ribu orang, dengan target vaksinasi minimal 5.000 orang per hari. Apalagi Tangsel sebagai bagian klaster ibu kota, dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa.

"Untuk itu, Saya sangat mendorong percepatan capaian target vaksinasi melalui sentra vaksinasi seperti yang dilakukan pada hari ini," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement