Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image maula ali barizi

Melawan Penyebaran Covid-19 dengan Hati

Agama | Monday, 28 Jun 2021, 08:01 WIB

Menghadapi meningkatnya kembali penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat harus terus melakukan berbagai upaya agar dapat terhindar dari virus yang muncul pertama kali di China akhir tahun 2019 ini.

Selain ikhtiar medis, ikhtiar batin juga harus dilakukan sebagai bentuk usaha melawan penyebaran covid-19. Ikhtiar medis sudah banyak dijelaskan di berbagai media, dari menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker hingga pola hidup yang sehat.

untuk ikhtiar batin, banyak orang yang lalai dengan urusan hati. terlalu mengagungkan penyakit hingga lupa, siapa Dzat yang menciptakan penyakit dan menyiapkak obatnya. banyak orang yang lupa tempat kembali dan memohon perlindungan.

Salah satu cara melawan penyebaran corona dan seharusnya menjadi cara paling penting adalah mengingat tuhan dan memohon kepada-Nya perlindungan serta diberikan kesehatan.

salah satu yang juga perlu dibaca menurut para ulama nahdhotul ulama adalah sholawat thibbil qulub, berikut adalah bacaannya :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Juga ada bacaan doa yang dianjurkan diperbanyak untuk dibaca, terlebih setelah sholat. Berikut adalah bacaannya

لِي خَمْسَةٌ أُطْفِئ بِهاَ • حَرَّ الوَباَءِ الحاَطمَة • المُصْطَفَى وَالمُرتَضَى • وَابْناَهُماَ وَفَاطِمَة •

Dengan wasilah derajat luhur lima pribadi yang mulia yang aku punya, Aku berharap diselamatkan dari panas derita yang bikin sengsara, Baginda nabi Muhammad Almusthafa SAW sayyidina ali al-murtadha, Dan kedua putra (Hasan dan Husain) serta sayyidatina Fatimah Azzahra binti Rasulullah SAW.

Semoga dengan wasilah ikhtiar dhohir (medis) dan bathin kita semua bisa terlindungi dari penyakit apapun, Amien.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image