Lewati Laga Ketat, Ukraina Lolos ke Perempat Final Euro 2020

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Artem Dovbyk (kanan) dari Ukraina merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak keunggulan 2-1 selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Swedia dan Ukraina di Glasgow, Inggris, 29 Juni 2021.
Artem Dovbyk (kanan) dari Ukraina merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak keunggulan 2-1 selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Swedia dan Ukraina di Glasgow, Inggris, 29 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Stu Forster
Ukraina mengatasi Swedia 2-1 lewat gol menit ke-120 dan ke perempat final Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Melalui pertandingan ketat, timnas Ukraina berhasil mengalahkan lawannya timnas Swedia dengan skor 2-1 pada babak 16 besar Euro 2020, yang berlangsung di Stadion Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6) dini hari WIB.

Dua gol timnas Ukraina dicetak oleh Oleksandr Zinchenko pada menit ke-27 dan Artem Dovbyk pada waktu perpanjangan menit ke-120+1. Sedangkan, gol semata wayang Swedia dicetak gelandang serang Emil Forsberg pada menit ke-43.

Baca Juga

Hasil ini membawa tim besutan Andry Shevchenko melangkah ke putaran perempat final melawan timnas Inggris yang sebelumnya sukses menyingkirkan Jerman dengan skor 2-0.

Jalannya laga

Kedua kesebelasan tampil ngotot sejak menit awal pertandingan. Baik Ukraina maupun Swedia masing-masing memaksimalkan kesempatan ketika bisa menguasai bola.

Sebuah peluang yang cukup bagus diperoleh Roman Yaremchuk pada menit ke-11. Setelah mendapat bola dari Andriy Yarmolenko, Yaremchuk melepas tembakan. Kiper Robin Olsen masih bisa melakukan penyelamatan.

 

Gol baru terjadi pada menit ke-27. Ukraina memimpin lebih awal lewat sepakan keras Oleksandr Zinchenko. Berawal dari umpan silang Yarmolenko dari sisi kanan yang mengarah tepat ke kaki Zinchenko, tanpa ragu pemain Manchester City langsung melepaskan tembakan yang meluncur deras ke gawang Swedia.

Berupaya merespons ketertinggalan, Sebastian Larsson mencoba memaksimalkan bola mati. Melihat kiper Ukraina Georgia Buschan yang berdiri agak ke kanan guna mengantisipasi umpan lambung, Larsson melepas tembakan langsung ke arah kiri gawang. Buschan dengan refleks cepat masih mampu menepis bola tersebut.

Upaya Swedia berujung manis manakala gol penyeimbang terjadi pada menit ke-43. Tembakan kaki kiri Emil Forsberg yang sempat mengenai pemain belakang Ukraina mengecoh pergerakan penjaga gawang Buschan. Alhasil, bola menyarang ke gawang Ukraina dan membuat skor imbang menjadi 1-1.

Memasuki interval kedua, pertandingan berjalan semakin menarik. Kedua tim saling balas membalas serangan. Forsberg kembali menjadi 'hantu' mengerikan di depan gawang Ukraina. Peluangnya pada menit ke-54 nyaris membuahkan gol.

Semenit kemudian giliran Serhiy Sydorchuk yang mengancam gawang Swedia. Skor tidak berubah karena bola hanya mengenai tiang gawang. Peluang Swedia pada menit ke-56 pun hanya mengenai tiang gawang. Penyelesaian akhir Forsberg yang mencoba menyelesaikan serangan balik gagal menghasilkan gol.

Sepuluh menit berselang, Bushchan menyelamatkan gawang Ukraina dengan menepis tendangan Dejan Kulusevski. Serangan balik Ukraina kemudian juga digagalkan kiper Swedia yang mampu menangkap bola yang ditendang Yarmolenko.

Pada menit ke-69, aksi individu Forsberg yang diakhiri tendangan kencang dengan kaki kanan membuat bola mengenai mistar gawang.

Tidak ada gol tercipta pada babak kedua sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Nahas, Swedia harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-98. Bek tengah Marcus Danielsson dihadiahi kartu merah setelah melepas tekel keras kepada pemain Ukraina, Artem Besedin. Awalnya, wasit Daniele Orsato memberi kartu kuning, tetapi setelah melihat tayangan ulang VAR keputusan lain dibuat sang pengadil.

Kalah jumlah orang, Swedia lebih pasif. Ukraina pun mencoba mengurung pertahanan skuad Blaugult. Babak perpanjangan waktu pun minim peluang.

Ketika skor 1-1 masih bertahan hingga menjelang detik akhir extratime, sebuah crossing dari Zinchenko di sisi kiri diselesaikan dengan sundulan yang baik oleh Artem Dovbyk.

 

Terkait


Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate setelah memenangkan pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, Rabu (30/6)..

Southgate Jelaskan Soal Kedigdayaan Timnya atas Jerman

Harry Kane dari Inggris merayakan mencetak gol 2-0 selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, Rabu (30/6)..

Klinsman: Inggris Memang Layak Menang Atas Jerman 

Fans Inggris bergembira atas keberhasilan timnas kesayangannya di Piala Eropa 2020 sejauh ini.

Fans Tiga Singa Rayakan Kemenangan dengan 'Liar' di Inggris

Serge Gnabry (tengah) dari Jerman dan rekan satu timnya bereaksi selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, Rabu (30/6)..

Loew Ungkap Sebab Jerman Kalah dari Inggris

Seorang pekerja konstruksi berjalan di depan Stadion Wembley menjelang turnamen sepak bola UEFA EURO 2020 di London, Inggris, 11 Juni 2021.

Covid-19 Meningkat di Inggris, Venue Wembley Disorot

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image