Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Satgas Minta Seluruh Elemen Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

Selasa 29 Jun 2021 23:20 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito Wiku Adisasmito mengungkapkan dalam memetakan risiko aktivitas masyarakat maka perlu perhatian terhadap tiga aspek yaitu lokasi, kedekatan, dan waktu berlangsungnya aktivitas

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito Wiku Adisasmito mengungkapkan dalam memetakan risiko aktivitas masyarakat maka perlu perhatian terhadap tiga aspek yaitu lokasi, kedekatan, dan waktu berlangsungnya aktivitas

Foto: Satgas Covid-19
Satgas sebut pencegahan harus dilakukan secara serentak oleh seluruh anggota keluarga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melihat kondisi tren kenaikan kasus yang terjadi saat ini yang juga diikuti dengan upaya optimalisasi fungsi posko, Satgas mengajak masyarakat berpartisipasi dalam memperlambat laju penularan Covid-19. Terdapat dua aspek yang dapat dilakukan oleh masyarakat yaitu memetakan risiko beraktivitas dan mendukung sepenuhnya efektivitas kebijakan pemerintah.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan dalam memetakan risiko aktivitas masyarakat maka perlu perhatian terhadap tiga aspek yaitu lokasi, kedekatan, dan waktu berlangsungnya aktivitas. ”Perlu diperhatikan, upaya pencegahan harus dilakukan secara serentak oleh seluruh anggota keluarga, untuk saling melindungi satu sama lain sehingga penularan di tingkatan keluarga dapat dihindari,” jelas Wiku.

Merujuk pada kategorisasi WHO, maka terdapat panduan pemetaan aktivitas yang dapat diikuti oleh masyarakat sebagai upaya meminimalisasi pencegahan penularan Covid-19. Kategorisasi tersebut terdiri dari risiko lebih tinggi, risiko sedang, dan risiko rendah. 

Kegiatan yang masuk ke dalam kategori risiko lebih tinggi jika tidak dilakukan dengan protokol kesehatan meliputi kontak fisik seperti berjabat tangan, makan di dalam ruangan tertutup, dan menghadiri atau melakukan aktivitas di tempat yang ramai. Selanjutnya, kegiatan yang masuk ke dalam kategori risiko sedang jika tetap mematuhi protokol kesehatan meliputi berkunjung ke kediaman orang lain, berkumpul dengan banyak orang di luar ruangan, mengunjungi rumah sakit/dokter, dan berkunjung ke fasilitas publik serta menggunakan transportasi umum.

Sedangkan kegiatan yang masuk ke dalam risiko rendah jika tetap mematuhi protokol kesehatan meliputi berdiam diri di rumah dan melakukan aktivitas di luar rumah dengan tetap menjaga jarak. Aktivitas masyarakat yang berisiko ini harus segera ditekan sekarang juga dan masyarakat juga harus mengingatkan orang lain, dimulai dari keluarga dan lingkungan terdekat agar risiko penularan dapat diminimalisir.

Partisipasi masyarakat dalam membantu mengendalikan laju penularan Covid-19 dapat dilakukan dengan mendukung efektivitas PPKM Mikro melalui Posko sebagai pengendali Covid19 setempat. Khusus untuk daerah-daerah kontributor kasus tertinggi nasional berturut-turut seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah diharapkan dapat memberikan kontribusinya dalam menekan jumlah kasus yang muncul sehingga dapat berdampak pada pengendalian kasus di tingkat nasional. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA