Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Anil Kumar, Pria Hindu yang Buat Kaligrafi di Ratusan Masjid

Selasa 29 Jun 2021 19:55 WIB

Red: Agung Sasongko

Khat Naskhi, salah satu aliran dalam kaligrafi.

Khat Naskhi, salah satu aliran dalam kaligrafi.

Foto: Blogspot.com
Lebih dari 30 tahun Anil Kumar menuliskan ayat-ayat suci Alquran di 200 masjid

REPUBLIKA.CO.ID, Lebih dari 30 tahun Anil Kumar Cowhan menuliskan ayat-ayat suci Alquran di 200 masjid di India. Pria asal Hyderabad ini, sejak lama menekuni seni kaligrafi secara otodidak.

Semangat pria berusia 50 tahun ini menekuni seni kaligrafi bermulai saat bekerja membuat tulisan pada papan nama untuk toko-toko di Urdu, Selatan India.

Baca Juga

"Saya berasal dari keluarga Hindu yang miskin dan harus berhenti sekolah pada kelas 10 guna menghidup keluarga. Saya mahir menggambar, jadi mengapa saya tidak memanfaatkan keterampilan ini untuk meniti karir,"kata dia seperti dilansir Aljazeera, Senin (29/6). 

Tak hanya masjid, Cowhan juga melukis 30 kuil dengan gambar dewa dan dewi dalam tradisi Hindu, serta makam dan gereja yang begitu banyak jumlahnya.

"Untuk lebih 100 masjid, saya dibayar, namun 100 masjid lainnya gratis. Saya merasakan kepuasan secara spiritual pada tempat ibadah yang saya tangani, inilah mendorong saya melakukannya secara gratis,"kata seniman yang mengaku berpenghasilan 350 dolar per bulan (Rp 5 jutaan) ini.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA