Selasa 29 Jun 2021 16:50 WIB

Peran Penting Magister Ilmu Komputer di Era Society 5.0

Mereka diharapkan menghasilkan riset berkualitas guna mendukung era society 5.0.

Lulusan Magister Ilmu Komputer mempunyai peran penting di era society 5.0.
Foto: Dok UNM
Lulusan Magister Ilmu Komputer mempunyai peran penting di era society 5.0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lulusan magister ilmu komputer mempunyai peran penting  dalam kesiapan menghadapi tantangan pada era society 5.0. Demi mewujudkan keberhasilan ilmu pengetahuan bidang komputer yang punya peran cukup penting pada era society 5.0, maka pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang ahli di bidang ilmu komputer sangat dibutuhkan. 

SDM yang mumpuni di bidang teknologi komputer, sebagai perancang, pembangun dan yang sanggup menerapkan hingga memelihara segala perangkat keras dan perangkat lunak serta jaringan ini menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Ahli ilmu komputer terutama yang telah menempuh pendidikan tinggi sebagai magister ilmu komputer, sangat diperlukan untuk menghasilkan riset-riset yang mumpuni bidang ilmu komputer.

Riset-riset ini, nantinya akan berguna demi terciptanya inovasi-inovasi terbaru yang kreatif dan cerdas, yang tentunya akan sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk mendukung era society 5.0

Universitas Nusa Mandiri (UNM) punya  fakultas Teknologi Informasi, program studi Ilmu Komputer (S2) yang berfokus pada peningkatan kualitas bidang ilmu komputer. Prodi Ilmu Komputer (S2) senantiasa berinovasi bidang ilmu komputer berbasis teknologi informasi, menyajikan kurikulum yang sesuai kebutuhan dunia industri. Pentingnya ahli ilmu komputer di era society 5.0 menjadi tolok ukur tumbuhnya inovasi-inovasi kreatif masa depan.

Rektor Universitas Nusa Mandiri, Dr Dwiza Riana mengatakan ahli bidang ilmu komputer, terutama yang telah lulus menempuh pendidikan magister ilmu komputer diharapkan mampu menghasilkan riset-riset berkualitas guna mendukung era society 5.0.

“Riset-riset yang dihasilkan lulusan magister ilmu komputer akan sangat berguna dalam hal menciptakan inovasi-inovasi terbarukan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia industri,” katanya kepada media, Senin (28/6).

Selanjutnya, para ahli bidang ilmu komputer yang merupakan lulusan magister ilmu komputer diharapkan mampu survive di tengah kondisi persaingan kerja yang semakin ketat.

“Lebih dari itu, para ahli ilmu komputer lulusan magister ilmu komputer, dinilai mampu mengadopsi riset-riset terdahulu untuk menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan bidang teknologi masa kini yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Mengingat peran penting lulusan magister ilmu komputer, program studi magister ilmu komputer dapat menjadi pilihan utama saat berpikir ingin ikut berperan aktif menciptakan inovasi-inovasi terbarukan untuk kemajuan bangsa. Program studi magister ilmu komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM) sudah terakreditasi dengan peringkat Baik Sekali.

“Dengan melanjutkan pendidikan tinggi pada program studi magister ilmu komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM), mahasiswa akan dilatih menjadi individu yang kreatif, inovatif serta handal di bidang teknologi informasi. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan dilatih menguasai berbagai skill penting untuk berpikir out of the box dalam menemukan solusi atas permasalahan yang ada. Mari segera bergabung bersama Universitas Nusa Mandiri dan kita siapkan bersama inovasi teknologi yang baru terbarukan guna mencapai Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement