Selasa 29 Jun 2021 16:28 WIB

Lomba Essay Prodi PPKn UMP Usung Tema Pancasila

Kegiatan lomba ini digelar dalam rangka Pekan Pancasila (Pekasila 2021).

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP
Foto: DOK UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Himpunan Mahasiswa PPKn (HMPSPPKn) menggelar lomba essay antar mahasiswa tingkat nasional.

''Kegiatan lomba ini kami gelar dalam rangka Pekan Pancasila (Pekasila 2021). Lomba diikuti oleh mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Tanah Air,'' jelas Ketua HMPS PPKn UMP Oktavia Dika Nadya Rahma, Selasa (29/6).

Untuk itu, kata Dika, tema yang diusung dalam lomba ini menyangkut Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan tema itu, essay yang dilombakan menyangkut sub tema Penguatan Wawasan Kebangsaan dalam Menangkal Radikalisme dan Tantangan Pancasila di Era Sosial Digital.

Bertindak sebagai dewan juri dalam lomba ini, adalah Ketua Prodi PPKn Dr Elly Hasan Sadeli, staf pengajar Prodi PPKn UMP Dr Laily Nurlina, dan staf Humas UMP Tegar Roli A.

Ketua Prodi PPKn, Dr Elly Hasan Sadeli menyebutkan, kegiatan ini memiliki peran yang sangat strategis di tengah kondisi eksistensi daya kritis generasi muda yang mulai meredup seiring perkembangan teknologi dan informasi. ''Melalui lomba essay ini diharapkan lahir pemikiran-pemikiran yang bernas dari semua peserta lomba,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement