Selasa 29 Jun 2021 16:20 WIB

10 Film Superhero dengan Durasi Terpanjang

Film Justice League garapan sutradara Zack Snyder berdurasi empat jam.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Film Justice League versi Zack Snyder.
Foto: DC Films/Warner Bros.
Film Justice League versi Zack Snyder.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film bergenre pahlawan super atau superhero umumnya memiliki durasi dua jam. Namun, selama satu dekade terakhir, hal itu berubah secara drastis.

Saat film superhero menjadi lebih dicintai di industri film, bukan hanya anggaran dan pemasukan box office yang semakin besar, tetapi juga karena durasinya. Berikut 10 film superhero dengan durasi terpanjang, seperti dilansir di laman Screen Rant, Selasa (29/6):

1. Justice League (2021): 242 menit

photo
Film Justice League. - (Warner Bros.Pictures/HBO Max.)

 

Film Justice League arahan sutradara Zack Snyder disebut The Snyder Cut menampilkan begitu banyak adegan yang diambil secara khusus untuk versi baru. Versi 2021 berdurasi lebih dari empat jam, yang hampir mustahil untuk ditonton dalam sekali duduk. Untungnya, film itu dibagi menjadi beberapa bab yang berdurasi antara 30-45 menit, membuatnya sempurna untuk ditonton dalam format episodik.

2. Avengers: Endgame (2019): 181 menit

photo
Film Avengers: Endgame. - (MCU)

 

Avengers: Endgame adalah film superhero terbesar sepanjang masa karena memiliki anggaran tertinggi dari semua film yang pernah ada. Film itu juga menampilkan banyak aktor dan aktris papan atas. 

3. The Dark Knight Rises (2012): 165 menit

photo
Batman the Dark Knight Rises - (Warner Bros)

 

Film The Dark Knight Rises adalah film besar. Namun sang sutradara Christopher Nolan memanfaatkan durasi untuk keuntungannya karena tidak ada menit-menit yang terbuang. Film itu menampilkan bagaimana Batman keluar dari masa pensiunnya, dan memberi penghormatan kepada film-film sebelumnya dengan penampilan dari Scarecrow dan Ra's al Ghul. Pada akhirnya, threequel ini entah bagaimana sangat melelahkan, sekaligus mengasyikkan.

4. Watchmen (2009): 163 menit

photo
Film Watchmen. - (Warne Bros Pictures)

 

Sebelum Zack Snyder bersama DCEU membangun dunia film yang sangat bergaya dan menakjubkan secara visual, dia menyutradarai film adaptasi epik dari novel grafis pemenang penghargaan. Sutradara terkenal Terry Gilliam pernah berkata bahwa komik itu tidak dapat difilmkan, tetapi Snyder melakukan pekerjaan luar biasa dalam film dua jam 43 menitnya. Snyder berhasil menceritakan sebuah kisah yang berlangsung selama beberapa dekade dan mempertimbangkan perspektif beberapa karakter yang berbeda.

5. Superman Returns (2006): 154 menit

photo
Film Superman Returns. - (Warner Bros Pictures)

 

Sangat mudah untuk melupakan Superman Returns, karena diapit di antara film Christopher Reeves yang ikonik dan Superman yang saat ini menjadi bagian dari DCEU. Meskipun film tersebut dikritik karena tidak mengembangkan superhero untuk era modern, Superman Returns memengaruhi film superhero secara besar-besaran. Film yang dirilis pada 2006 itu adalah film superhero pertama yang berdurasi lebih dari 2,5 jam dan waktu tayang itu menjadi semakin populer sejak saat itu.

Selain kelima judul di atas, ada juga lima film lainnya yang mempunyai durasi terpanjang. Kelimanya yakni The Dark Knight (2008) dengan 152 menit, Batman V Superman: Dawn of Justice (2016) dengan 152 menit, Wonder Woman 1984 (2020) dengan 151 menit, Avengers: Infinity War (2018) dengan 149 menit, dan Captain America: Civil War (2016) dengan 147 menit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement