Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Ganjar Khawatirkan Tingkat BOR Jateng

Selasa 29 Jun 2021 14:18 WIB

Red: Indira Rezkisari

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Foto: istimewa
Menurut Ganjar, BOR di Jateng sudah lebih dari 80 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate atau BOR) ruang isolasi di rumah sakit kini sudah cukup membahayakan. Kenaikan keterisian tempat tidur seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19.

"Jadi, saat ini sudah ada di atas 80 persen sehingga (rumah sakit) perlu cepat menambah tempat tidur," katanya saat berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari, Kabupaten Batang, Selasa (29/6) siang.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Ganjar meminta pada Pemkab Batang menyiapkan skenario rumah sakit darurat atau tenda untuk membantu rawat pasien Covid-19. "Seperti yang disampaikan Bupati Batang (saat ini), sudah ada 24 pasien sehingga perlu disiapkan skenario rumah sakit darurat atau pemasangan tenda," ujarnya.

Kepala Bidang Perawatan RSUD Kalisari Kabupaten Batang, Samuri, mengatakan, saat ini RSUD sudah menyediakan 93 tempat tidur dan mungkin akan ditambah lagi sebanyak 24 tempat tidur. Sementara, tempat tidur yang sudah terisi pasien sudah mencapai 70 orang.

"Adapun pasien yang 'entry' (tetapi belum mendapat ruang tidur) memang masih menunggu proses tes screening karena mereka (pasien) datangnya dalam waktu yang hampir bersamaan. Satu pasien belum di-screening sudah datang lagi, padahal kami butuh waktu juga untuk memprosesnya," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA