Selasa 29 Jun 2021 13:16 WIB

Pemkot Surabaya Diminta Gencarkan Razia Disiplin Prokes

Disiplin protokol kesehatan adalah kunci tindakan pencegahan dari ancaman Covid-19.

Pemkot Surabaya Diminta Gencarkan Razia Disiplin Prokes (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Pemkot Surabaya Diminta Gencarkan Razia Disiplin Prokes (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Komisi D Bidang Kesra DPRD Kota Surabaya meminta pemerintah kota setempat gencar melakukan razia dan penyuluhan disiplin protokol kesehatan (prokes) sebagai memutus penyebaran COVID-19 varian baru.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah mengatakan disiplin protokol kesehatan adalah kunci tindakan pencegahan dari ancaman COVID-19. Pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitazer, saling jaga jarak, hindari kerumunan, tidak keluar rumah kalau tidak perlu.

Menurut dia, hal ini perlu ditekankan oleh Pemkot Surabaya dalam hal ini Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya menyusul tingginya kembali angka kasus COVID-19 di Kota Pahlawan. Bahkan, banyak melahirkan kluster rumah tangga. "Kalau perlu, disosialisasikan memakai masker dobel atau rangkap," ujarnya.

Ia menyarankan, upaya-upaya untuk mendisiplinkan terhadap protokol kesehatan, juga melibatkan unit-unit paling di bawah: kelurahan, LPMK, RW dan RT, melibatkan segenap tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. "Warga yang tidak memakai masker diberi masker, warga yang maskernyamelorot ditegur dan dibetulkan," kata Khusnul.

Ia mengatakan, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Surabaya bersama TNI-Polri dan segenap tenaga kesehatan bersinergi masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi pandemi COVID-19.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tidak henti-hentinya memohon kepada warga agar saling menyisihkan lengan untuk bergotong-royong bersama dalam mencegah penyebaran COVID-19. Bagi dia, ketika warga itu menjaga diri sendiri dari COVID-19, maka secara tidak langsung dia juga melindungi kesehatan keluarganya. "Karena itu saya minta tolong sama warga Surabaya, tolong jaga keluarga tercinta masing-masing," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement