Selasa 29 Jun 2021 13:11 WIB

Polda Papua Kekurangan 12.855 Personel

Polri saat ini membuka program Bintara Noken yang menerima 2.000 orang asal Papua.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri.
Foto: Antara
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kepolisian Daerah (Polda) Papua hingga kini masih kekurangan sebanyak 12.855 personel untuk ditempatkan di 28 polres yang tersebar di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

"Memang benar Polda Papua hingga kini masih kekurangan personel mengingat luasnya wilayah yang mencapai 317.062 kilometer persegi," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri dalam Refleksi Semester I2021 di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (29/6). Dia didampingi Waka Polda Brigjen Eko Rudi Sudarto dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal.

Dia menjelaskan, saat ini jumlah personel Polda Papua tercatat 11.468 orang. Mathius berharap, secara bertahap kebutuhan sumber daya manusia (SDM) terpenuhi. Hal itu mengingat saat ini sedang dilakukan penerimaan anggota Polri melalui program Bintara Noken dengan menerima 2.000 orang.

Mathius menjelaskan, sedang diupayakan penerimaan Bintara Noken selama tiga tahun bekerja sama dengan Pemprov Papua. "Nantinya setelah lulus akan ditempatkan di polres pengirim. Lulusan rekrutmen Bintara Noken yang akan bertugas di berbagai polres sehingga diharapkan mereka lebih diterima warga karena memahami adat istiadat setempat, kata Mathius.

Dia menjelaskan, untuk memenuhi rekrutmen Bintara Noken, setiap polres bekerja sama dengan pemda setempat. Sehingga para pelajar yang ingin jadi anggota Polri dapat dibina. Sehingga saat pembukaan rekrutmen, mereka dapat langsung ikut mendafta.

"Bila sudah dilatih diharapkan dapat bersaing dengan calon dari daerah lainnya di Papua," ujar Mathius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement